Mengenal Perbedaan Organisme Uniseluler dan Multiseluler - Lanjutan Biologi Sel

Mengenal Perbedaan Organisme Uniseluler dan Multiseluler - Seperti yang kita ketahui pada pembahasan sebelumnya, bahwa seluruh makhluk hidup yang ada di bumi ini tentunya memiliki bagian berupa sel sebagai penyusun utama dalam tubuhnya. Sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup. Bahasan tentang sel merupakan bahasan yang mendasar untuk bagaimana mengetahui tentang kehidupan suatu organisme.
Baca Juga: Materi Pengantar Tentang Sel (Cell)
Setiap organisme atau makhluk hidup tersusun atas sel. Makhluk hidup atau organisme ini juga disebut sebagai organisme seluler. Baik tumbuhan, hewan ataupun manusia ini tersusun atas banyak sel dalam tubuh. 
Dalam perkembangan teori tentang sel, berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Schwann dan Schleiden yang menyatakan bahwa semua organisme ini tersusun atas satu atau lebih sel maka organisme seluler terbagi menjadi dua yaitu organisme uniseluler dan multiseluler.
mengenal perbedaan organisme uniseluler dan multiseluler
Organisme Uniseluler dan Multiseluler - Gen Sukses Media
Perbedaan Organisme Uniseluler dan Multiseluler
Berikut ini akan dijelaskan mengenai perbedaan antara organisme uniseluler dan multiseluler tersebut berdasarkan karakteristik yang tampak pada keduanya.

Organisme Uniseluler
Organisme uniseluler terdiri atas dua kata, yaitu uni yang berarti tunggal dan seluler yang berarti bersel. Secara harfiah, uniseluler berarti terdiri atas satu sel. Adapun secara istilah, organisme seluler adalah organisme yang menjalankan kehidupannya hanya didukung dengan satu sel saja. Karena tubuh organisme tersebut hanya terdiri atas satu sel, maka satu sel inilah yang melakukan seluruh aktivitas kehidupan yang dijalankan oleh organisme tersebut. Organisme uniseluler ini dapat berupa kumpulan koloni ataupun secara individu. 
Karena struktur organisme uniseluler yang terdiri atas sel tunggal, maka organisme ini berukuran cukup kecil, sebagian besar tak terlihat dengan mata secara langsung. Beberapa contoh yang termasuk dalam kategori organisme uniseluler adalah seperti amoeba, bakteri, beberapa jenis protista, dan cyanobacteria.
Salah satu contoh terbaik untuk mempelajari organisme uniseluler ini adalah Organisme Bakteri. Kita tahu sendiri bahwa bakteri merupakan organisme bersel tunggal, oleh karena itu bakteri menjalankan seluruh fungsi kehidupan hanya bertumpu pada satu sel saja yang itupun menjadi tubuh utuhnya.

Organisme Multiseluler
Organsime multiseluler ini terdiri atas dua kata, yaitu multi yang berarti banyak dan seluler yang berarti bersel. Jadi secara harfiah, multiseluer berarti terdiri atas banyak sel. Organisme multiseluler merupakan organisme yang menjalankan fungsi kehidupannya dengan didukung oleh banyak sel. Sel-sel yang menyusun tubuh organisme multiseluler ini saling terkait satu sama lain dan bersama-sama dalam menjalankan fungsi kehidupan dengan jalan membentuk suatu jaringan hingga organ dan sistem organ. Jadi, organisme atau individu multiseluler ini tersusun atas banyak sekali sel-sel.
Karena susunan tubuhnya terdiri atas banyak sel, maka organisme multiseluler ini cukup tampak dan kontras untuk terlihat dengan mata secara langsung. Meskipun untuk ukuran dari organisme ini sangat bervariasi. beberapa contoh terbaik yang menggambarkan bagaimana organisme multiseluler ini adalah tumbuhan, hewan, dan manusia.
Berbeda halnya dengan organisme uniseluler yang menjalankan kehidupan dengan hanya ditopang oleh satu sel saja, organisme multiseluler menjalankan kehidupannya dengan fungsi dan kerja dari berbagai sel yang ada ditubuhnya. Artinya, meskipun jumlahnya sangat banyak, akan tetapi sel-sel dalam tubuh organisme multiseluler ini harus menjalankan fungsi secara bersamaan dengan sel-sel sejenisnya, tidak dapat dipisahkan hubungan antar sel-sel tersebut. Misalnya untuk menjalankan fungsi suatu organ dalam tubuh manusia, maka sel-sel yang berkaitan dengan organ tersebut harus mampu menjalankan perannya dalam jaringan di organ tersebut.

Perbedaan Organel pada Organisme Uniseluler dan Multiseluler
Sebenarnya untuk mengetahui mengenai perbedaan organel pada organisme uniseluler dan multiseluler ini lebih terkait pada materi mengenai sel prokariotik dan eukariotik. Akan tetapi gen sukses coba untuk memberikan sedikit gambaran mengenai apa saja organel yang berbeda pada kedua organisme tersebut.
Pada organisme uniseluler, organel-organel yang menyusun selnya masih cukup sederhana, beberapa organel tersebut adalah nukleoid dan ribosom dalam sitoplasma, kemudian sitoplasmik membran, kapsul, dinding sel, pili, dan flagela. Organel tersebut ini dicontohkan dari sel bakteri.
Adapun pada organisme multiseluler, organel-organel yang menyusun selnya cukup kompleks, beberapa diantaranya adalah nukleolus, nukleus, membran inti, ribosom, mitokondria, sitoskeleton, badan golgi, retikulum endoplasma (halus dan kasar), sentriol, dan periksisom. Organel-organel tersebut berada pada sitoplasma sel. adapun dibagian luarnya juga terdapat membran sel, dan dinding sel.

Sumber Rujukan atau Referensi
Di bawah ini merupakan beberapa sumber rujukan atau referensi untuk pembahasan mengenai "mengenal perbedaan organisme uniseluler dan multiseluler":
  1. Budiatma, Hisham. 2015. Perbedaan Organisme Uniseluler dan Multiseluler. Tersedia di https://usaha321.net.
  2. Ninditasari, Ghina. Biologi Sel: Uniseluler dan Multiseluler. https://www.scribd.com.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Perbedaan Organisme Uniseluler dan Multiseluler - Lanjutan Biologi Sel"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel