Mengapa Bentuk Tubuh setiap Manusia Unik dan Berbeda

Setiap manusia adalah unik dan berbeda-beda. Kita dan orang sekitar tanpa disadari memiliki banyak perbedaan mulai dari bentuk fisik maupun bentuk sifat atau perilaku. Dimanapun dan kapanpun kita berjalan di tempat keramaian, kita melihat diri kita tidak satupun mirip atau kembar dengan siapapun yang ada dihadapan kita. Inilah keunikan yang dimiliki oleh setiap manusia, termasuk apa yang kita miliki saat ini.

Pada saat kita berjalan di tempat keramaian misalnya tempat perbelanjaan, melihat orang lain memiliki wajah (fisik) yang berbeda bukanlah hal yang luar biasa. Kita justru lebih terheran-heran jika melihat orang yang kembar 2 atau 3 atau bahkan lebih bersama-sama lewat dihadapan kita. Sekali lagi hal ini terjadi karena kita tidak menyadari bahwa setiap manusia memiliki bentuk tubuh unik yang berbeda terutama pada bagian bentuk wajahnya.

Dari peristiwa di atas, kalau kita berpikir secara logis, maka akan muncul pertanyaan!
Mengapa bentuk tubuh setiap manusia berbeda?
Mengapa penampilanku begini?
bentuk tubuh manusia unik dan berbeda
Jawabannya sebenarnya mudah, segala sesuatu yang kalian lihat di cermin mulai dari tinggi badan, warna rambut, sampai pada ada tidaknya lesung pipi ini tertulis dalam nyaris disetiap selmu sebagai DNA (rantai-rantai spiral asam nukleat yang ditemukan dalam setiap sel tubuh).
Dari buku Crispin Boyer (National Geographic Kids), bahwa anggaplah DNA ini sebagai buku pedoman pembuatan tubuh kalian. DNA memberitahu sel-sel bagaimana cara tumbuh menjadi organ dan setiap bagian tubuh kalian. Potongan-potongan DNA (yang disebut sebagai GEN) ibarat sebagai halaman-halaman dalam buku pedoman tersebut. Gen-gen inilah yang mengendalikan penampilan kalian, juga ciri-ciri yang tidak tampak secara langsung seperti sifat penglihatan, pendengaran, apakah dalam keadaan sempurna atau dalam keadaan kurang sempurna. 
Kemampuan lain yang unik juga dipengaruhi oleh gen-gen tersebut. Maka dari itu setiap manusia tentu berbeda dan unik karena gen tersebut diwariskan dari setiap orang yang berbeda pula. Kita berbeda dari teman-teman kita karena gen yang diturunkan berbeda antara orang tua kita dan orang tua mereka.
Gen-gen berpasang-pasangan, satu dari Ayah dan satu dari Ibu, ini menciptakan kombinasi gen-gen yang itulah memunculkan atau mengekspresikan berbagai ciri fisik (dalam proses yang disebut pewarisan sifat).

Maka berterimakasihlah kepada orang tua kalian menurunkan gen-gen yang unik dan luar biasa tersebut, dan bersyukur dengan apa yang ada pada diri kita saat ini, karena semua ini adalah sudah ciptaan dari Allah Azza wazalla dan tentunya menjadi titipan yang sempurna untuk terus kita kagumi dengan sepenuh hati.

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Bentuk Tubuh setiap Manusia Unik dan Berbeda"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel