Biologi adalah Pelajaran yang Unik

Biologi merupakan salah ilmu pengetahuan dari sekian banyak ilmu pengetahuan yang ada saat ini. Keberadaan Biologi banyak membantu umat manusia dalam menjalani kehidupan mulai dari zaman dahulu kala. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa manusia tidak akan dapat berkembang dengan baik jika tanpa ilmu pengetahuan yang satu ini.

Biologi menjadi pelajaran yang unik karena materi yang dipelajari sangat berhubungan dengan kehidupan kita sehari-hari. Tanpa kita sadari setiap aktivitas yang kita lakukan sangat berhubungan dengan biologi, takterkecuali dengan seluruh mekanisme dan interaksi yang berjalan di muka bumi ini. Semua itu dapat kita pelajari hanya dalam Biologi.
Biologi adalah pelajaran yang unik
Banyak yang mengira bahwa Biologi adalah pelajaran yang sangat sulit. Mulai dari alasan sulitnya membaca nama latin suatu organisme, sulitnya memahami bacaan yang terlalu banyak, bahkan sulitnya untuk menghafal materi-materi yang ada. Akan tetapi hal ini menjadi unik, sebab ketika disandingkan dengan Kerabat dekatnya, yaitu Kimia dan Fisika. Maka kebanyakan dari kita akan justru memilih Biologi. Hal ini tentu menjadi keanehan yang nyata bukan?

Banyak hal unik yang dapat kita temukan di dalam dunia Biologi. Permasalahan yang kita temukan dikehidupan sehari-hari dapat kita pecahkan atau selesaikan dengan ilmu yang satu ini.

Ini menjadi cerita saya mengapa memilih Biologi sebagai hal yang unik.
"Saya memilih mendalami ilmu pengetahuan ini karena ketertarikan saya dengan luasnya pengetahuan dalam ilmu biologi. Biologi menjadi unik karena begitu dekat dengan kehidupan kita".

"Awal ketertarikan itu dimulai ketika saya membeli buku terjemahan tulisan Crispin Boyer yang Berjudul "MENGAPA?" dari jaringan National Geographic. Buku itu berisikan berbagai pertanyaan-pertanyaan yang unik berhubungan dengan biologi, yang sebetulnya pertanyaan ini sangat erat kaitannya dengan aktivitas dan kehidupan tetapi tidak kita sadari. Mulai dari pertanyaan mengapa tubuhku seperti ini? mengapa bumi begitu? mengapa langit begitu? sampai pertanyaan-pertanyaan liar yang membuka wawasan kita bahwa dimanapun dan kapanpun kita bisa mendapatkan ilmu pengetahuan, tentunya jika kita tertarik untuk mempelajarinya".

Dari buku itu saya belajar bahwa berterimakasihlah kepada otak kita dan besyukur tuhan telah menciptakan kepada kita organ yang sangat luar biasa ini. Otak menjadi sangat mengangumkan atas keingintahuan kita yang tak terbendung. Bukan hanya mengontrol semua fungsi otomatis tubuh (seperti bernafas), melainkan juga bisa membuat kita tertawa, menangis, bermimpi, dan mengajukan sebuah pertanyaan. Dan kesemua mekanisme itu sangat berhubungan dengan Biologi dan kita bisa mempelajarinya lebih mendalam dengan ilmu tersebut. 

Banyak hal yang bisa kita tanyakan tentang fenomena-fenomena alam yang terjadi sehari-hari dan kita juga bisa menemukan jawabannya jika mempelajari Biologi. Kita akan merasa puas dan lebih bersyukur jika kita mengetahui jawaban atas apa yang kita pertanyakan tersebut.

Kita adalah hal yang unik, tubuh kita unik, aktivitas kita unik, seluruh mekanisme-kerja-interaksi dalam kehidupan ini adalah unik. Semua itu bisa kita temukan dalam ilmu Biologi. Sehingga Biologi menjadi hal yang unik untuk kita pelajari bersama.

Belum ada Komentar untuk "Biologi adalah Pelajaran yang Unik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel