Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup (Klasifikasi) - IPA Biologi Kelas 7 (SMP)

"Penulis : Andika (Gen Sukses Media, 2020)"
Pendahuluan
Perjalanan Manusia tidak pernah terlepas dari interaksinya dengan berbagai makhluk, baik itu makhluk yang bernyawa ataupun makhluk yang tidak bernyawa (benda-benda) yang terdapat di sekitar. Tanpa manusia sadari bahwa begitu banyak objek-objek yang ada disekitar keberadaannya. Beberapa orang mungkin hanya melewatkan objek-objek tersebut, namun beberapa orang lainnya mungkin juga memikirkan kenapa terkadang objek-objek tersebut dalam keadaan berkelompok-kelompok.
Dalam kehidupan sehari-hari, meskipun kita sering dihadapkan dengan berbagai objek yang ada di lingkungan kita, dengan mudahnya kita dapat membedakan dan mengelompokkan objek tersebut berdasarkan persamaan ciri objek yang ada dan kita ketahui pada saat itu. Kita sudah pasti menempatkan suatu benda di tempat tertentu sesuai dengan karakteristiknya. Misalnya, benda kaca pada lemari khusus benda kaca, peralatan tulis pada rak peralatan, dan dokumen penting pada rak arsip khusus. Kesemua hal yang kita lakukan tersebut merupakan contoh kegiatan klasifikasi sederhana.
makhluk hidup dan benda tak hidup (klasifikasi) - materi ipa biologi kelas 7
Klasifikasi Makhluk
Pada dasarnya, kegiatan klasifikasi merupakan kegiatan pengelompokkan suatu makhluk menjadi golongan-golongan tertentu. Klasifikasi makhluk merupakan suatu cara untuk mengelompokkan makhluk berdasarkan kesamaan ciri yang dimiliki. Dalam hal ini tergantung objek apa yang akan kita klasifikasikan. Jika kita mengklasifikasikan objek berupa makhluk hidup maka tentu pula kita tidak akan memasukkan objek selain makhluk hidup tersebut. Lebih jelasnya, kita dapat membedakan antara makhluk hidup tersebut dengan makhluk yang tidak hidup (benda).
Pengetahuan dasar manusia adalah mampu membedakan antara makhluk hidup dan benda tak hidup. Manusia dapat membedakan kedua objek tersebut berdasarkan ciri-ciri yang yang tampak pada masing-masing objek tersebut. Meskipun hanya dengan menggunakan indera penglihatan, sudah pasti manusia dapat mengamati mana objek yang termasuk makhluk hidup dan mana objek yang termasuk makhluk tak hidup (benda mati).

Manusia dapat menggolongkan suatu objek termasuk ke dalam golongan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri makhluk hidup berupa kemampuannya dalam melakukan aktivitas seperti bergerak, makan, bernafas, peka terhadap rangsangan, bertumbuh, mengeluarkan zat sisa, dan berkembangbiak, serta berbagai ciri lainnya yang mengindikasikan bahwa makhluk tersebut adalah hidup.
Begitu pula sebaliknya, manusia dapat menggolongkan suatu objek termasuk ke dalam golongan makhluk tak hidup (benda tak hidup) berdasarkan ciri-ciri yang teramati pada objek tersebut, seperti tidak dapat digerakkan tanpa bantuan, tidak bernafas, dan tidak dapat berkembangbiak layaknya yang terjadi pada makhluk hidup.
Benda Tak Hidup

Membedakan antara makhluk hidup dan benda tak hidup merupakan dasar pengetahuan kita untuk melangkah pada sistem klasifikasi yang lebih rumit berikutnya. Jika kita tidak dapat membedakan antara makhluk hidup dan benda tak hidup, maka kita akan kesulitan dalam melakukan kegiatan klasifikasi pada tingkat makhluk hidup selanjutnya, karena akan lebih sulit membandingkan dan mengelompokkan antara satu makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya. Membedakan antar makhluk hidup dan benda tak hidup disini cukuplah mudah. Pasti dalam hal ini kebanyakan dari kita sudah mengetahui hal tersebut. Tapi inilah dasar dari klasifikasi yang lebih rumit nantinya.

Pada postingan artikel berikutnya akan dibahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan klasifikasi itu sendiri. Jadi semoga tidak hanya sampai disini pembelajaran kita mengenai klasifikasi tersebut.
Semoga postingan artikel kali ini bermanfaat. Terima Kasih...

Belum ada Komentar untuk "Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup (Klasifikasi) - IPA Biologi Kelas 7 (SMP)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel