Daftar 10 Tumbuhan Endemik Papua dan Tumbuhan Langka Papua

Daftar 10 Tumbuhan Endemik Papua dan Tumbuhan Langka Papua

Pada kesempatan kali ini, gen sukses akan membahas lebih mendalam mengenai daftar beberapa tumbuhan endemik Papua dan tumbuhan langka Papua. Pada penjelasan nantinya, sahabat gen akan mengenal 10 tumbuhan endemik Papua dan tumbuhan langka khusus yang berada di Papua. Untuk tumbuhan endemik dan langka ini beberapa ada yang sudah punah dan beberapa lagi dalam keadaan terancam punah.

10 tanaman atau tumbuhan endemik khas papua

Pengantar

"Jika kita kehilangan mereka [tumbuhan], tidak mungkin kita bisa memulihkannya dari tempat lain, karena mereka tidak ditemukan di luar pulau," 

"Kita memiliki tanggung jawab nyata untuk melestarikan kehidupan tumbuhan yang unik ini."

kata Tim Utteridge dari Royal Botanic Gardens, Kew. - bbc.com

Perlu sahabat gen ketahui, terdapat hasil riset yang dipublikasikan pada tahun 2020, disebutkan bahwa Pulau Papua merupakan pulau dengan tingkat keanekaragaman jenis tumbuhan yang tinggi di dunia ini. Penelitian yang dilakukan oleh 99 peneliti dari 19 negara menyatakan bahwa Pulau Papua tercinta kita memiliki lebih kurang 13.634 spesies tumbuhan, yang 68% di antaranya adalah tumbuhan endemik yang hanya dapat ditemukan di Pulau Papua. Tentu menjadi kebanggaan untuk kita semua sebagai warga negara Indonesia yang mengakui bahwa Papua juga menjadi bagian dari wilayah Indonesia.

Nah sahabat gen, kira-kira Tumbuhan khas Papua apa saja yang sudah kalian ketahui? Ada yang jawab 1-10, 2-15, dan seterusnya. Tentu sebagai seorang belajar, kita mesti kenal dengan apa-apa saja jenis Tumbuhan Endemik Papua dan Tumbuhan Langka Papua. Oleh karena itu berikut ini gen sukses akan beri penjelasan mengenai Daftar 10 Tumbuhan Endemik Papua dan Tumbuhan Langka Papua.

Daftar Tumbuhan Endemik Papua dan Tumbuhan Langka Papua

Instia bijuga (Pohon Merbau 'kayu besi')

Pohon Merbau (Intsia bijuga O.K) merupakan primadona di hutan Papua. Masyarakat Papua mengenalnya dengan sebutan ‘kayu besi’ karena kayunya yang keras. Umumnya, Instia bijuga banyak hidup di daerah dataran rendah dengan jenis tanah endapan atau berpasir agak berbatu. Sedangkan Instia palembanica dapat tumbuh di dataran rendah hingga tinggi.

10 tanaman atau tumbuhan endemik khas papua pohon merbau

Merbau merupakan jenis pohon yang sangat terkenal dalam dunia perdagangan kayu Indonesia. Tanaman ini bernilai ekonomi tinggi dan berguna untuk bahan bangunan atau alat rumah tangga.

Pemenuhan kebutuhan kayu merbau sampai saat ini masih dari hutan alam. Maraknya penebangan secara besar-besaran menyebabkan timbulnya kecemasan dari berbagai pihak akan kelestarian jenis ini. Serikat Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) menempatkan jenis Intsia bijuga ke dalam kategori rentan (vulnerable) sejak 1998.

Pometia pinnata [Matoa]

Matoa merupakan salah satu flora khas Papua. Pohon matoa tergolong besar dengan tinggi rata-rata 18 meter dan berdiameter rata-rata maksimum 100 cm. Penyebaran buah matoa di Papua hampir terdapat di seluruh wilayah dataran rendah hingga ketinggian ± 1200 m dpl. Pohon ini tumbuh baik pada daerah yang kondisi tanahnya kering (tidak tergenang) dengan lapisan tanah yang tebal. Di Papua dikenal 2 jenis matoa, yaitu matoa kelapa dan matoa papeda. Ciri yang membedakan keduanya adalah terdapat pada tekstur buahnya. 

tanaman atau tumbuhan endemik khas papua matoa

Menurut IUCN Red List, status konservasi pohon matoa berada di level ‘Least Concern.[beresiko rendah untuk punah karena melimpah]’ Meski begitu kelestarian tanaman ini tetap penting untuk kita jaga, agar populasinya tidak semakin berkurang.

Ficus phaeosyce

Sebuah pohon dalam keluarga Moraceae , Ficus phaeosyce tumbuh di bagian timur New Guinea, termasuk tumbuhan endemik di negara Papua Niugini [Pulau Papua]. Ficus phaeosyce adalah spesies tumbuhan bawah yang toleran terhadap naungan. Banyak serangga herbivora yang menjadikan tumbuhan ini sebagai sumber makanan.

tanaman atau tumbuhan endemik khas papua Ficus

Tumbuhan ini mempunyai peringkat konservasi Least Concern dari IUCN , karena merupakan spesies umum yang tersebar luas dengan populasi yang stabil dan sangat melimpah secara lokal. Namun tumbuhan ini tidak ditemukan di kawasan lindung dan habitatnya terancam akibat terus berkurangnya luas lahan, luas persebaran dan/atau kualitasnya, serta populasi pohonnya sangat terfragmentasi dan terus mengalami penurunan individu dewasa.

Nepenthes papuana [Kantong Semar Papua]

Nepenthes papuana adalah tumbuhan kantong semar tropis yang endemik di Papua. Julukan khusus papuana berasal dari Papua , nama alternatif untuk pulau tersebut. Tumbuhan karnivora ini dikenal dengan kantung-nya yang berbentuk corong dan berfungsi menangkap dan mencerna serangga.

tanaman atau tumbuhan endemik khas papua kantong semar

Nepenthes papuana adalah tanaman merambat. Batangnya silindris pada penampang dan tebal 5 sampai 7 mm. Panjang ruas antara 2 sampai 5 cm. Tanaman yang lebih tua menghasilkan tunas pendek dan mawar di dekat pangkal batang.

Papuacedrus papuana [Cemara Papua]

Merupakan jenis pohon cemara endemik Papua yang tumbuh di dataran tinggi dengan ketinggian hingga 4000 meter di atas permukaan laut. Papuacedrus papuana adalah spesies dalam keluarga tumbuhan runjung Cupressaceae , satu-satunya spesies dalam genus Papuacedrus . Beberapa ahli botani tidak menganggap spesies ini membentuk genus tersendiri, namun memasukkannya ke dalam genus terkait Libocedrus . Ia berasal dari New Guinea dan Provinsi Maluku di Indonesia.

tanaman atau tumbuhan endemik khas papua cemara

Ciri-ciri Morfologi: Umumnya ditemukan berupa pohon cemara yang berukuran variatif mulai dari sedang hingga tinggi dengan mencapai ukuran 16–50 m, namun di dataran tinggi ditemukan hanya semak yang mencapai ketinggian 3 m). Dedaunan tumbuhan ini, tumbuh dalam bentuk semprotan datar, dengan daun seperti sisik yang berpasangan, dengan pasangan depan dan samping bergantian; daun lateral lebih besar, panjang 2–3 mm pada pohon dewasa dan panjang hingga 20 mm pada pohon muda, daun bagian depan lebih kecil, 1 mm pada pohon dewasa dan hingga 8 mm pada pohon muda. Kerucut memiliki panjang 1–2 cm, dengan empat sisik, sepasang basal kecil dan steril, dan sepasang subur yang lebih besar ; sisik subur masing-masing mengandung dua biji bersayap.

Rhododendron macgregoriae F.Muell [Itanamuke]

Salah satu spesies rhododendron yang tumbuh di Papua. Tumbuhan ini biasanya ditemukan di pegunungan dengan ketinggian yang cukup tinggi.

tanaman atau tumbuhan endemik khas papua itanamuke

Rhododendron atau umum juga disebut dengan istilah Azalea, Saliyah, Kadudampit, Turuwara merupakan tanaman yang dimasukkan dalam genus tanaman berbunga yang tumbuh di ketinggian 1.000-4.000 mdpl.

Azalea yang termasuk jenis Rhododendron macgregoriae F Muell ini merupakan salah satu jenis azalea asli Indonesia terutama banyak dapat dijumpai di Kepulauan Papua. Tanaman dengan famili atau suku Ericaceae ini lebih sering dikenal dengan nama Itanamuke di daerah aslinya.

Pandanus julianettii [Karuka]

Karuka (Pandanus julianettii, juga disebut kacang karuka dan kacang Pandanus) adalah spesies pohon dalam famili Pandanaceae dan tanaman pangan regional yang penting di Kepulauan Papua terutama daerah Papua Nugini. Kacang ini dianggap lebih bergizi daripada kelapa, dan sangat populer sehingga penduduk desa di dataran tinggi umumnya akan memindahkan seluruh rumah mereka lebih dekat ke pohon untuk musim tertentu terutama pada saat musim panen.

tanaman atau tumbuhan endemik khas papua karuka

Pandanus julianettii merupakan genus Pandanus dari sub genus Lophostigma bagian dari Woromo/Karuka di temukan oleh Martelli tahun 1907 di Wopkaimin Papua New gunea (PNG) wilayah Timur pulau Papua.

Paphiopedilum violascens [Anggrek kantung atau anggrek selop]

Anggrek kantung atau anggrek selop [Paphiopedilum violascens] merupakan jenis yang digemari saat ini. Anggrek dari genus Paphiopedilum tersebut memiliki keunikan, yaitu bibir bunga yang termodifikasi membentuk sebuah kantung atau menyerupai selop. Paphiopedilum violascens dicirikan dengan staminode berbentuk subreniform-crescent shaped dan petal tanpa bintik hitam. 

tanaman atau tumbuhan endemik khas papua anggrek kantung anggrek selop

Paphiopedilum violascens merupakan spesies anggrek endemik Papua yang hidup pada hutan hujan dataran rendah sampai hutan hujan pegunungan bawah dari ketinggian 200 sampai dengan 1300 m dpl. Populasi di alam tergolong sedikit dengan tren populasi yang cenderung turun tiap tahunnya. Hal tersebut dikarenakan oleh kerusakan habitat, penebangan pohon, koleksi ilegal, serta perdagangan regional dan internasional (Rankou, 2015). Berdasarkan IUCN, status konservasi P. violascens dikategorikan ke dalam kategori terancam atau kategori Endangered (EN).

Laportea aestuans [Daun Gatal]

Laportea aestuans: Salah satu jenis tumbuhan liar endemik Papua yang termasuk dalam keluarga Urticaceae. Tumbuhan ini memiliki daun yang berguna dalam pengobatan tradisional.
Daun gatal, tanaman endemik Papua, telah digunakan sebagai obat untuk menghilangkan sakit nyeri dan pegal-pegal setelah beraktivitas secara turun-temurun pada masyarakat.

tanaman atau tumbuhan endemik khas papua daun gatal

Daun gatal tersebar luas di Papua mulai dari daerah pantai hingga pegunungan. Daun gatal banyak ditemukan di Desa Pelebib, Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua.

Agathis labillardieri Warb [Pohon Agathis]

Agathis labillardieri Warb, atau yang kerap disebut sebagai pohon agathis, merupakan salah satu kekayaan hayati endemik di Pulau Papua, yang memiliki peran ekonomi yang penting, baik sebagai penghasil kayu maupun hasil hutan bukan kayu (HHBK).

tanaman atau tumbuhan endemik khas papua pohon agathis

Pohon A. labillardieri Warb menjadi endemik karena hanya tersebar di daratan pulau Papua. Jenis ini tersebar di daerah Sarmi (Bodem - Siduarsi), Biak, Yapen Waropen, Nabire, Kaimana, Bintuni, Kebar, Fak-Fak, Manokwari, Jayawijaya dan Sorong Selatan.

Di hutan alam Papua, A. labillardieri tumbuh bercampur dengan jenis-jenis lainnya mulai dari dataran rendah dekat pantai sampai dengan ketinggian lebih dari 800 m di atas permukaan laut.

Referensi:

  1. Anggrek Kantung atau Anggrek Selop - bbksda-papuabarat.com
  2. Daun Gatal - jurnalnasional.ump.ac.id
  3. Papua Nugini: 'Pulau Surga' yang simpan keanekaragaman hayati terbesar di dunia 'jauh melebihi Kalimantan'. - Helen Briggs pada situs bbc.com
  4. 3 Tumbuhan Berbuah Khas Papua Kaya Manfaat - Nadia Farah pada situs econusa.id
  5. Ficus phaeosyce - wikipedia.org
  6. Matoa - wikipedia.org
  7. Nepenthes papuana - hmn.wiki.id
  8. Pandanus julianetii - herbal-organic.com
  9. Papuacedrus - wikipedia.org
  10. Pohon Agathis - cnbcindonesia.com
  11. Pohon Matoa, Kekayaan Hayati Papua yang Wajib Dijaga - Yuhan al Khairi pada situs greeners.co
  12. Merbau, Kayu Berkualitas dari Papua yang Rentan Pembalakan Liar - Sarah R. Megumi pada situs greeners.com
  13. Bunga Rhododendron - rtctiplus.com

Belum ada Komentar untuk "Daftar 10 Tumbuhan Endemik Papua dan Tumbuhan Langka Papua"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel