Daftar 15 Tumbuhan Endemik Kalimantan dan Tumbuhan Langka Kalimantan

Daftar 15 Tumbuhan Endemik Kalimantan dan Tumbuhan Langka Kalimantan - Di waktu kali ini kita akan membahas lebih mendalam mengenai daftar beberapa tumbuhan endemik di kalimantan dan tumbuhan langka kalimantan. Untuk beberapa daftar ini, gen sukses media memberikan penjelasan mengenai 15 tumbuhan endemik dan tumbuhan langka khusus yang berada di kalimantan. Untuk tumbuhan endemik dan langka ini beberapa ada yang sudah punah dan beberapa lagi dalam keadaan terancam punah.
15 tumbuhan endemik kalimantan dan tumbuhan langka kalimantan
gambar tumbuhan endemik dan langka kalimantan (Gen Sukses Media)
Pengantar
Di postingan sebelumnya, kita sudah membahas mengenai mengapa ada tumbuhan endemik di suatu wilayah. Untuk penjelasan berikutlah gen sukses akan membahas daftar-daftar tumbuhan endemik di wilayah-wilayah tertentu tersebut. Hanya saja untuk memulai hal tersebut, akan diawali dengan daerah tempat keberadaan saya yaitu di wilayah kalimantan. Hal ini bukan saja karena wilayah ini menjadi tempat tinggal saya, akan tetapi lebih daripada itu, bahwa kita tahu sendiri jika kalimantan memiliki keanekaragaman flora maupun fauna yang sangat banyak termasuk berbagai satwa-satwa endemiknya karena keberadaan daerah ekosistem hutan hujan tropis yang termasuk terbesar di Indonesia. 

Tumbuhan Endemik dan Langka di Kalimantan
Keanekaragaman hayati flora di hutan hujan tropis di Kalimantan tercermin dari keberagaman jenis tumbuh-tumbuhannya, yang berupa perawakan pohonan, semak-belukar, perdu, tanaman merambat,
tanaman epiphyt, tumbuhan lumut, dan tumbuhan paku.
Jika merukuk pada buku berjudul "jenis-jenis pohon endemik kalimantan, terdapat 1.436 jenis pohon endemik yang terdaftar. Jumlah di dalam daftar tersebut termasuk dalam 218 marga dan 65 suku. Untuk takson yang berada di bawah tingkat jenis (anak
jenis atu sub species dan forma) masing-masing dengan jumlah 121 anak jenis dan tiga forma. Dijelaskan pula bahwa Pohon-pohon tersebut tersebar pada berbagai tipe habitat maupun
ekosistem, mulai dari pegunungan, pesisir pantai hingga meliputi berbagai tipe ekosistem yang ada di Kalimantan.
Karena begitu beragamnya keberadaan dari tumbuhan endemik kalimantan, jadi untuk memudahkan kalian mengenali satu persatu dari tumbuhan endemik tersebut, maka gen sukses memulai pembahasan ini dari daftar-daftar tumbuhan yang berada di kalimantan timur. Oleh karena itu berikut ini akan diberikan beberapa daftar tumbuhan endemik tersebut.

15 Tumbuhan Endemik Kalimantan
Berikut ini penjelasan mengenai 15 Tumbuhan Endemik di Kalimantan.

1.   Anggrek Hitam
Tumbuhan dengan nama latin Coelogyne pandurata merupakan tumbuhan langka di kalimantan timur. Anggrek hitam merupakan salah satu tumbuhan endemik yang berada di kalimantan timur, sehingga dijadikan sebagai maskot flora kebanggaan kalimantan timur. Hingga saat ini penurunanan anggrek hitam kian semakin menjadi-jadi akibat dari penyusutan habitat asli dari tumbuhan tersebut. Karakteristik yang melatarbelakangi penamaan anggrek hitam ini adalah dari karakteristik adanya lidah (labellum) berwarna hitam disertai garis-garis warna hijau dengan terdapat bagian tambahan bulu-bulu halus.

2.   Ulin
Ulin merupakan salah satu tumbuhan yang menjadi kebanggaan kalimantan karena merupakan tumbuhan endemik kalimantan timur. Ulin dengan nama latin Eusideroxylon zwageri atau sering pula disebut sebagai pohon bulian atau kayu besi merupakan tumbuhan dengan habistus pohon berkayu yang digolongkan ke dalam suku Lauraceae. Pohon ulin memiliki karakteristik termasuk jenis pohon besar yang tingginya dapat mencapai lebih kurang 50 m, lalu diameter sampai lebih kurang 120 cm. Dengan keberadaan pohon ini tumbuh pada hutan hujan tropis di dataran rendah sampai ketinggian 400 m. Dengan karakteristik kayu yang kuat dan keras, penduduk asli kalimantan memanfaatkan kayu ulin sebagai bahan bangunan rumah.

3.   Tengkawang Tungkul
Kalau sebelumnya dibahas mengenai tumbuhan kalimantan, selanjutnya yaitu berada di kalimantan barat terdapat tumbuhan khas berupa tengkawang tungkul atau lebih dikenal dengan sebutan lain yaitu meranti merah. Tengkawang tungkul memilliki nama latin Shorea macrophylla. Keberadaan tengkawang tungkul di kalimantan termasuk kategori Rentan karena semakin tergesernya habitat keberadaan tumbuhan satu ini. Adapun karakteristik dari tengkawang tungkul adalah memiliki tinggi pohon yang dapat mencapai 30 m dengan garis tengah sekitar 60 cm, untuk struktur batang tegak, lurus dengan permukaan memiliki warna bercak abu-abu.

4.   Keledang
Keledang merupakan tumbuhan langka daerah kalimantan yang menghasilkan buah yang bernama keledang. Keledang merupakan buah yang mulai terlupakan seiring dengan habisnya hutan-hutan alami yang menggeser keberadaan pohon-pohon keledang penghasil buahan tersebut. Keledang dengan nama latin Artocarpus lanceifolius ini memiliki karakteristik pohon yang tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar, dengan tinggi sekitar 36 m berupa batang tegak atau lurus dengan keberadaan batang bebas cabang pada sekitar mencapai ketinggian 25 m serta gemang batang hingga 275 cm dan berbanir pendek. Selain buahnya yang terkenal, kayu keledang juga sangat bermanfaat untuk dijadikan konstruksi bangunan karena termasuk kayu berat.

5.   Kapul
Meskipun tumbuh liar di hutan-hutan kalimantan, namun keberadaan tumbuhan kapul ini sudah mulai jarang ditemukan, bahkan sudah cukup jarang untuk didengar lagi. Sebagian dari kita bahkan asing dengan tumbuhan kalimantan ini. Kapul yang merupakan tumbuhan eksotik kutai barat dengan nama latin Baccaurea  macrocarpa termasuk memiliki ciri pohon dengan tinggi sekitar 15 m, kulit batang yang berwarna cokelat abu-abu bertekstur kasar, adanya getah sedikit lengket dan berwarna cokelat, kondisi batang dilengkapi bentuk tajuk payung dan rimbun. Pohon kapul juga memiliki kekhasan pada bentuk batang bulat, percabangan mendatar, dengan keberadaan letak cabang terendah sekitar 1-5 m. Adapun buah kapul yang eksotik ini ternyata memiliki rasa asam segar.

6.   Pasak Bumi
Tumbuhan pasak bumi dapat ditemukan di Kalimantan, namun tumbuhan satu ini semakin jarang di dengar karena keberadaannya kian berkurang. Pasak bumi juga dikenal dengan sebutan tongkat ali atau istilah ilmiahnya yakni Eurycoma longifolia.  Tumbuhan yang dianggap sebagai pohon berkhasiat tersebut dapat ditemukan di hutan-hutan Malaysia hingga kalimantan. Pasak bumi atau tongkat ali mempunyai karakteristik ketinggian pohon hingga 10 meter di dalam rimbunan hutan dataran rendah. Umumnya pohon pasak bumi kurang memiliki percabangan. Tumbuhan pasak bumi khas kalimantan banyak dimanfaatkan penduduk setempat sebagai obat-obatan herbal terutama untuk kesehatan tubuh. Tumbuhan pasak bumi dapat dijadikan sebagai jamu kuat penambah stamina ataupun obat vitalitas pria jika ditubuhkan yang herbal.

7.   Mangga Kasturi
Sesuai dengan namanya, tumbuhan mangga kasturi masih berkerabat dekat bersama mangga jenis lainnya. Namun, berbeda halnya dengan kondisi kerabat mangga lainnya, sangat disayangkan jika mendengar flora kebanggaan satu ini yaitu Mangga kasturi dengan nama latin Mangifera casturi yang status keberadaannya sudah punah di alam liar (sumber wikipedia). Mangga kasturi telah lama menjadi maskot flora kalimantan selatan. Keberadaan mangga khas kalsel ini telah hilang di alam liar sebab tergeser oleh keberadaan eksploitasi hutan ilegal dan pembukaan lahan besar-besaran untuk kelapa sawit. Salah satu hal lain yang menyebabkan mangga kasturi ini punah di alam liar hutan kalimantan selatan adalah karena pohon-pohonnya ditebang secara liar untuk kebutuhan proyek pembangunan. Hal tersebut terjadi sebab, karakteristik dari pohon mangga kasturi yakni memiliki batang pohon yang cukup tinggi dan besar. Batang pohon mangga kasturi bisa mencapai tinggi sekitar 25 m dengan diameter batang sekitar 40 – 115 cm.

8.   Tenggaring
Pindah pada bagian provinsi kalimantan tengah, terdapat tumbuhan langka berupa tumbuhan tenggaring atau istilah lain yakni kapulasan. Tenggaring menjadi flora identitas kalimantan tengah. Tenggaring atau kapulasan memiliki nama ilmiah Nephelium ramboutan-ake, jika merujuk nama tersebut maka tumbuhan tenggaring masih berkerabat dekat dengan jenis rambutan umumnya. Ciri khas yang membedakannya dengan rambutan pada umumnya adalah rambut yang lebih keras dan pendek serta tampak lebih besar. Tenggaring atau kapulasan dimasukkan ke dalam kelompok rambutan hutan karena tumbuh secara alami serta tersebar di KalTeng. Oleh karena itulah tumbuhan tenggaring dipilih sebagai maskot Provinsi Kalimantan Tengah. Namun, saat ini keberadaannya cukup langka di habitat aslinya. Jika dilihat secara morfologi, habistus dari pohon tenggaring mempunyai kesamaan dengan rambutan pada umumnya. Tinggi pohon bisa mencapai sekitar 20 meter dengan bentuk serta percabangan daun sama halnya dengan daun rambutan umum, tetapi berbeda pada helaian daun tenggaring yang tampak lebih kecil.

9.   Ihau
Ihau menjadi salah satu tumbuhan langka di Kalimantan dan menjadi salah satu tumbuhan endemik kalimantan karena hanya dapat tumbuh di daerah tersebut. Jika diamati dari buahnya, tumbuhan Ihau menghasilkan buah yang menyerupai kelengkeng. Oleh karena itu, Ihau sering juga disebut sebagai kelengkeng kalimantan. Pemberian nama lain juga ada seperti pemberian nama "buah mata kucing" untuk mengambarkan kondisi buah yang tampak cerah bening memantulkan cahaya. Untuk keberadaan Ihau ini termasuk dalam kategori "hampir terancam" (wikipedia.org) yang jika tidak diseriuskan untuk konservasinya maka lambat laun tumbuhan endemik ini akan terancam punah.
Jika tadi sedikit berbicara tentang kelengkeng, namun tidak mesti sangat mirip dengan kelengkeng. Kulit Buah Ihau mempunyai benjolan-benjolan kecil sehingga teksturnya tidak merata layaknya kelengkeng. Namun, tekstur buahnya cukup sama dengan kelengkeng. Soal rasa dilansir dari bacaterus.com buah ini memiliki rasa yang manis dan tentunya mirip dengan kelengkeng.

10. Akar Karak
Nama yang cukup jarang kita dengar, dan mungkin beberapa dari kita baru pertama kali mendengarnya. Tumbuhan akar karak menjadi tumbuhan langka yang tidak boleh terlewatkan untuk dibahas bersamaan dengan tumbuhan langka tanah borneo lainnya.Sebenarnya tidak ada banyak hal yang dapat dibahas mengenai tumbuhan satu ini karena keberadaannya yang cukup langka. Begitupun pula dengan referensi yang membahas mengenai akar karak ini tidak banyak yang membahas secara detail. Untuk morfologi dari akar karak itu sendiri dikutip dari bacaterus.com bahwa akar karak termasuk pohon dengan ukuran diameter sekitar 159 cm serta tinggi mencapai sekitar 14 meter. Adapun Ciri khas lainnya dimiliki oleh pohon ini adalah terdapat banyak getah berwarna keputihan pada batangnya. Tumbuhan akar karak kalimantan umumnya hidup di dataran tinggi sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut.

11. Youtan Poluo
Dengan nama unik dan cukup aneh ini, tumbuhan yang termasuk Langka yakni Youtan Poluo ditemukan di Banjarbaru Kalimantan Selatan. Keberadaan tumbuhan youtan poluo termasuk langka, ditambah lagi untuk karakteristiknya berukuran sangat kecil sehingga untuk mencarinya perlu bantuan lensa pembesar ataupun pemfokus. Bung youtan poluo tersebut tampak menyerupai perawakan dari jamur. Mengenai Youtan Poluo ini cukup heboh pada saat itu ditemukan oleh Rizki Amalia yang diliput dari Banjarmasin Post. Pada saat diliput, Tumbuhan tersebut tumbuh pada dinding dalam pintu berbahan baja. Keberadaannya yang cukup langka itulah yang sempat membuat nama Youtan Poluo ini kembali terdengar.

12. Pohon Bajakah
Bergeser ke Kalimantan Tengah, terdapat salah satu tumbuhan yang cukup unik berada di kalimantan tengah, tepatnya daerah hutan di palangkaraya. Bajakah atau umumnya juga dikenal dengan nama Bajakah Tunggal ini hanya hidup di bagian terdalam hutan, dengan keadaan didominasi lahan gambut serta ditumbuhi dengan pohon-pohon langka. Oleh karena itu meskipun beberapa waktu yang lalu berita dihebohkan dengan Pohon Bajakah yang dianggap dapat menyembuhkan kanker ini, keberadaan pohon bajakah masih cukup dirahasiakan karena ditakutkan terjadi eksploitasi ilegal terhadap tumbuhan langka kalimantan tengah tersebut. Pohom bajakah tersebut tumbuh di daerah yang jarang sinar matahari. Adapun untuk pohon bajakah sendiri termasuk dalam tumbuhan rambat yang mana Bajakah bisa merambat ke puncak pohon lain (rujukan batamnews.co.id).

13. Pohon Bangeris
Berikutnya yakni pohon bangeris menjadi pohon hutan yang sangat dilindungi oleh masyarakat pribumi kalimantan. Pohon bangeris (Koompassia sp.) dilindungi sebab keberadaannya yang saat ini terancam dan terus berkurang akibat dari kerusakan ekosistem pada daerah kalimantan terutama karena investasi yang tidak bijak (grapesdanewssite.wordpress.com). Banggeris menghasilkan kayu yang berkualitas  keras dan bernilai ekonomi yang sangat tinggi. Sehingga sangat diburu oleh beberapa orang untuk dijadikan sebagai bahan bangunan. Meskipun begitu, menebang pohon bangeris bagi masyarakat pribumi merupakan suatu pantangan. Pohon tersebut dimanfaat penduduk setempat untuk dijadikan rumah lebah madu hutan Kalimantan. Hal tersebut sebab, pohon bangeris (Keluarga Fabaceae) termasuk salah satu dari jenis pohon tertinggi di hutan hujan tropis (saat ini dapat mencapai tinggi sekitar 80 m) sehingga lebah madu dapat membuat rumah alami di pohon tinggi tersebut.

14. Tanaman Kratom
Untuk tanaman kratom yakni termasuk tumbuhan yang berasal dari kalimantan yang baru-baru ini sempat heboh karena memiliki kontroversi di bidang kesehatan. Tanaman Krayom (Mitragyna speciosa). Daun Tanaman Kratom dijadikan sebagai obat herbal bagi warga pedalaman kalimantan karena dianggap memiliki efek stimulasi dan penghilang rasa nyeri atau sakit. Namun yang menjadi kontroversi adalah mengenai daun kratom yang di ekspor dan digunakan di luar negeri, dianggap sebagai narkoba atau obat terlarang. Kratom tergolong ke Rubiaceae (kopi-kopian) penghasil alkaloid, penting seperti kafeina. Tanaman yang tumbuh di daerah tropis tersebut dapat tumbuh setinggi 4-16 meter.
Tanaman yang berasal dari keluarga kopi ini memiliki efek stimulasi dan penghilang rasa sakit.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengenal Kratom, Daun Ajaib Asal Kalimantan yang Banyak Diekspor ke Amerika", https://regional.kompas.com/read/2019/09/02/11190081/mengenal-kratom-daun-ajaib-asal-kalimantan-yang-banyak-diekspor-ke-amerika?page=all.

Editor : Rachmawati

15. Rafflesia Keithii
Salah satu yang menjadi tumbuhan langka dan hanya tumbuh di pedalaman hutan Kalimantan adalah Bunga Padma atau lebih kita kenal dengan sebutan Rafflesia Keithii. Tumbuhan satu ini masih berkerabat dengan bunga padma raksasa yang kita sebut sebagai Rafflesia arnoldii. Untuk pertama kalinya bunga padma kalimantan tersebut ditemukan oleh Henry (Harry) George Keith yang merupakan konservator hutan kalimantan bagian utara.


Penutup
Di atas tersebut merupakan daftar 15 tumbuhan endemik dan tumbuhan langka yang terdapat di daerah kalimantan. Semoga memberikan manfaat dan menambah wawasan kita semua. terima kasih dan sampai ketemu di artikel berikutnya.


Belum ada Komentar untuk "Daftar 15 Tumbuhan Endemik Kalimantan dan Tumbuhan Langka Kalimantan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel