Bagaimana Manusia Mempelajari Seluruh Hewan yang Ada di Muka Bumi?

Ketertarikan manusia untuk mempelajari makhluk hidup lain seperti Hewan sudah ada sejak dahulu kala. Bahkan sepanjang sejarah, manusia terus melakukan riset pengetahuan kepada hewan-hewan yang ada di bumi. Kesemua riset itu tidak terlepas dari keingintahuan manusia tentang keunikan hewan-hewan yang ada di sekitar kehidupan manusia.

Memang tidak bisa dielakkan bahwa manusia dan hewan sudah hidup berdampingan sejak berabad-abad tahun yang lalu. Manusia banyak memanfaatkan hewan untuk membantu berbagai keperluan mereka dalam pemenuhan pekerjaan-pekerjaan sehari-hari ataupun untuk pemenuhan kebutuhan pangan mereka sendiri. Bermacam-macam alasan manusia untuk hidup berdampingan dengan hewan-hewan tersebut.

Di zaman sekarang, hewan tidak hanya sebagai pemenuh kebutuhan manusia di bidang pangan, tetapi lebih dari itu, para peneliti banyak melakukan riset dengan menggunakan hewan-hewan sebagai objek untuk menemukan berbagai obat-obatan. Bahkan beberapa hewan diteliti untuk mendapatkan jenis keturunan yang lebih unggul. Tentu kembali pada awal tujuannya, yaitu untuk memenuhi kesemua kebutuhan hidup manusia.
Bagaimana manusia mempelajari seluruh hewan yang ada di bumi
Dari pernyataan di atas, maka pertanyaan muncul! Bagaimana manusia hingga saat ini mempelajari seluruh hewan yang ada di bumi?
Sebenarnya untuk mempelajari hewan-hewan yang ada di Bumi ini, manusia cukup mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan apa yang akan dihasilkan dari riset atau penelitian yang dilakukan pada hewan-hewan tersebut.

Induk untuk mempelajari hewan-hewan tersebut tentunya adalah Biologi. Dari ilmu ini kemudian dikembangkan Zoologi atau ilmu hewan sebagai cabang dari Biologi yang khusus mempelajari seluk beluk dunia hewan, yang berkaitan dengan mempelajari struktur, fungsi, perilaku, serta evolusi hewan.
Untuk mempelajari lebih dalam mengenai hewan, maka seorang manusia harus memahami lagi beberapa ilmu seperti Anatomi Perbandingan, Psikologi Hewan, Biologi Molekular, Etologi, Ekologi Perilaku, Biologi Evolusioner, Taksonomi, dan Paleontologi, serta masih banyak ilmu yang berkaitan dengan hewan lainnya.

Jika seseorang ingin mempelajari suatu jenis hewan, maka tentu dia harus tau untuk apa dia mempelajarinya, apa hasil akhir yang dia inginkan terhadap pembelajaran tersebut. Jika Ia ingin mempelajari bagaimana perilaku hewan, maka fokus dalam mempelajari ilmu tentang Etologi ataupun ekologi perilaku. 

Tentunya dalam mempelajari hewan yang ada di muka bumi ini, para peneliti tidak akan bekerja secara sendiri-sendiri, melainkan mereka saling membantu sesuai keahlian masing-masing. Sudah banyak karya-karya ilmuan yang berkaitan dengan pengetahuan akan hewan yang ada di bumi, tinggal kembali kepada kita, apakah kita ingin mempelajarinya atau hanya melewatkan karya-karya mereka untuk pengetahuan kita sendiri.

Banyak hal yang dapat kita pelajari tentang hewan untuk kehidupan kita, tetapi kita harus perhatikan bagaimana cara memanfaatkan mereka dengan bijak. Supaya dimasa mendatang, tidak ada lagi hewan-hewan yang punah hanya untuk kepentingan manusia semata.

Cari materi yang berkaitan dengan "Hewan" di DAFTAR MATERI (di atas)
Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai ketemu di artikel berikutnya.
Terima Kasih.  

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Manusia Mempelajari Seluruh Hewan yang Ada di Muka Bumi?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel