Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

Keunikan hewan selalu membuat kita kagum dan terus mempelajari bagaimana keunikan-keunikan hewan-hewan tersebut dalam menjalani kehidupan di muka bumi ini. Mulai dari segi bertahan hidup dengan berbagai keunikan cara mencari makan, berburu, keunikan perilaku dalam menjaga teritorial, bahkan sampai pada keunikan dalam segi untuk mempertahankan keturunannya.
Kesemua keunikan hewan dapat kita pelajari untuk menambah wawasan kita. Salah satu hal unik yang dapat kita pelajari adalah bagaimana proses tumbuh kembang yang dilalui oleh hewan yang lebih kita kenal dengan istilah Metamorfosis.
hewan yang mengalami metamorfosis sempurna
Pengertian Metamorfosis
Jika merujuk pada Jurnal Teknik Pomits (Fitriyanti), Metamorfosis merupakan suatu proses perubahan secara bentuk maupun karakter dari makhluk hidup karena mengalami proses sehingga tercipta suatu wujud yang baru.
Dari hal tersebut, dalam proses ini dianggap terjadi banyak perubahan pada hewan yang mengalami metamorfosis. Tidak hanya sebatas pada perubahan morfologi (bentuk fisik atau tubuh) melainkan juga pada anatomi maupun fisiologinya. Perubahan-perubahan tersebut terjadi berdasarkan tahapan-tahapan atau fase-fase dalam proses metamorfosis.

Jenis Metamorfosis
Hal yang perlu diperhatikan dalam memahami pembahasan mengenai metamorfosis adalah bahwa tidak semua jenis hewan yang ada di muka bumi mengalami proses tersebut. Beberapa hewan yang sudah diketahui mengalami proses metamorfosis diantaranya dapat ditemui pada jenis serangga (Arthropoda), Amphibi, dan Crustacea. Umumnya kita mengetahui proses metamorfosis ini pada hewan seperti kupu-kupu dan katak maupun kodok. 
Selain itu, penting pula untuk diketahui bahwa proses metamorfosis ini juga berbeda antara satu jenis hewan dengan jenis hewan lainnya. Dalam perjalanannya, jenis metamorfosis terbagi menjadi dua, berupa Metamorfosis Sempurna (Holometabola) dan Metamorfosis Tidak Sempurna (Hemimetabola).
Untuk mengetahui bagaimana perbedaan kedua jenis metamorfosis tersebut, maka kita harus mengetahui bagaimana tahap atau fase dari proses metamorfosisnya. Untuk jenis hewan yang mengalami metamorfosis sempurna akan mengalami Empat Fase dengan karakteristik bentuk yang berbeda serta menonjol pada setiap fase-nya. Empat fase tersebut berupa Telur, Larva, Pupa, dan Imago
Sedangkan untuk metamorfosis tidak sempurna hanya mengalami fase berupa Telur, Nimfa, dan Imago. Dalam setiap fasenya, metamorfosis ini tidak menciptakan bentuk yang berbeda dan menonjol, dan hal penting yang membedakan dengan metamorfosis sempurna adalah tidak adanya fase pupa pada metamorfosis tidak sempurna ini.

Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna
Beberapa hewan yang ada di muka bumi ini mengalami proses metamorfosis sempurna guna mempertahankan siklus kehidupannya. Contoh hewan-hewan yang dapat kita temui sehari-hari melalui proses metamorfosis sempurna ini adalah sebagai berikut.
  1. Kodok Sawah (Fejervarya cancrivora)
  2. Kodok Rumah (Bufo melanostictus)
  3. Kupu-Kupu (Ornithoptera priamus)
  4. Nyamuk (Culex pipiens)
  5. Lalat Rumah (Musca domestica)
  6. Tawon (Aleiodes indiscretus)
  7. Ngengat (Acherontia sp.)
  8. Lebah Madu (Apis dorsata)
  9. Undur-undur (Myrmeleon formicarius)
  10. Kalajengking Terbang
  11. Kutu Kepala (Pulex irritans)
  12. Kumbang Tanduk (Oryctes rhinoceros)
  13. Kepinjal Kucing (Ctenocephalides felis)
  14. Lalat buah (Bactrocera sp.)
  15. Sayap Jala Hijau 
Dan beberapa hewan lainnya. Dipostingan berikutnya bakal di bahas untuk perbedaan karakteristik dari setiap fase metamorfosis tersebut. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jika kalian ingin mengetahui bagaimana prosesnya, dapat kalian lihat dalam bentuk video animasi metamorfosis supaya lebih memahami bagaimana proses metamorfosis tersebut berlangsung.
 

Belum ada Komentar untuk "Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel