Gerak Makhluk Hidup - IPA Biologi Kelas 8 (SMP)

"Penulis: Andika (Gen Sukses Media, 2020)"
Pendahuluan
Ketika berbicara tentang makhluk hidup, salah satu ciri makhluk hidup yang pasti kita ingat adalah aktivitas bergerak. Setiap makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar kita melakukan aktivitas bergerak, baik itu teramati secara langsung (misalnya pada manusia dan hewan-hewan) ataupun tidak teramati secara langsung (misalnya pada berbagai jenis tumbuhan).
Berbagai alasan yang menjadi penyebab untuk suatu makhluk hidup melakukan aktivitas gerakan. Akan tetapi dasar dari aktivitas gerak tersebut adalah adanya suatu rangsangan. Oleh karena itu, dijelaskan secara ilmiah, bahwa gerak makhluk hidup merupakan suatu bentuk reaksi makhluk hidup terhadap suatu rangsangan.
gerak pada makhluk hidup - ipa biologi kelas 8
Gerak Makhluk Hidup
Dua hal yang sangat diperhatikan untuk memahami gerak makhluk hidup adalah bahwa gerak tersebut terbagi menjadi dua berupa gerak aktif dan gerak pasif. Pertanyaannya adalah Bagaimana cara membedakan kedua jenis gerak tersebut?.

Mehamahi kedua jenis gerak tersebut cukuplah mudah. Kita tahu sendiri bahwa gerak aktif pasti akan terjadi pada manusia maupun hewan karena memiliki alat gerak aktif berupa kaki, sayap, ataupun sirip yang dilengkapi dengan otot-otot penggerak. Lain halnya dengan gerak pasif yang tentu terjadi pada tumbuhan karena tidak memiliki alat gerak aktif. Sehingga dalam hal ini gerak aktif pada manusia dan hewan sangat mudah untuk teramati, sedangkan pada tumbuhan yang berupa gerak pasif ini cukup sulit untuk teramati secara langsung.

Macam-Macam Gerak Makhluk Hidup (Hewan)
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa gerak pada hewan merupakan gerak aktif yang mudah teramati. Beberapa jenis hewan menggunakan alat gerak tertentu untuk melakukan aktivitas bergerak. Jika kita perhatikan, meskipun hewan melakukan gerak, akan tetapi antara hewan darat, air, dan udara memiliki mekanisme bergerak yang tentu berbeda. Berikut ini gambaran penjelasan bagaimana hewan-hewan tersebut mampu untuk bergerak di masing-masing tempat yang berbeda.

1.   Hewan Darat
Kemampuan untuk melakukan gerak oleh hewan darat adalah karena memiliki otot dan tulang yang dapat menciptakan mekanisme koordinasi gerak. Kebanyakan dari hewan bergerak dengan menggunakan kaki, meskipun beberapa jenis hewan ada yang menggunakan perut ataupun meggnunakan tangan. Kesemua gerakan yang dilakukan hewan adalah karena kebutuhan akan sesuatu, misalnya mendatangi sumber makanan, mendatangi lawan jenis, ataupun berpindah ke habitat yang baru. Disinilah peran otot dan tulang yang dimiliki oleh hewan yang diperlukan untuk mengatasi inersia (kecenderungan tubuh untuk diam).
Bentuk gerakan yang terjadi pada hewan darat pastinya sangat berbeda dengan hewan air maupun udara. Misalnya pada gerakan berjalan (menapak), gerakan ini terjadi karena terjadi dorongan ke pijakan dengan kaki, sehingga pijakan akan memberikan gaya balik yang sama dan berlawanan arah dari kaki tersebut. Hal ini akan menciptakan gaya gerak berjalan ke depan.

2.   Hewan Air
Pergerakan hewan air dengan hewan darat tentu sangat berbeda. Pergerakan hewan di air berkaitan dengan bentuk tubuh dan alat gerak berupa sirip dan ekor. Bentuk tubuh yang umum dimiliki oleh hewan air adalah bentuk torpedo sehingga hewan air dapat bergerak meliak-liuk dengan mudah. Ditambah lagi kebanyakan hewan air seperti ikan memiliki tubuh yang ramping sehingga gerakannya mengurangi hambatan dari gaya air. Karaktaristik utamanya terdapat pada sirip dan ekor yang cukup lebar untuk memberikan gaya dorongan gerakan pada ikan untuk meluncur di air. Adapun untuk gerakan naik turun saat berenang, ikan memanfaatkan gelembung renang yang dikeluarkannya. 

3.   Hewan Udara
Jika tadi hewan darat dan hewan air dengan keunikannya, maka hewan yang bergerak di udara juga memiliki keunikan yang tentu pula tidak dimiliki hewan air ataupun sebagian hewan darat lainnya. Hewan-hewan terbang di udara dengan cara yang khas atau unik. Tubuh hewan yang terbang di udara memiliki alat gerak berupa sayap yang memiliki daya angkat yang besar sehingga dapat mengimbangi gaya gravitasi. Karakteristik sayap pada hewan seperti burung memiliki susunan kerangka yang ringan, tulang dada dan otot yang kuat. Saat dikepakkan, udara akan berkumpul dan mengalir ke arah bawah, sehingga akan menghasilkan gaya yang berlawanan arah yang menyebabkan burung terangkat ke atas.

Macam-Macam Gerak Makhluk Hidup (Tumbuhan)
Jika kita mudah mengamati gerakan pada manusia dan hewan, pertanyaannya! bagaimana cara kita untuk mengetahui gerakan yang terjadi pada tumbuhan?

Baca Juga: "Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan"

Pada tumbuhan ini juga terdapat gerakan-gerakan tertentu. Gerakan pada kelompok tumbuhan ini sangat dipengaruhi oleh adanya rangsangan. Oleh karena itu, gerak pada tumbuhan ini dibagi ke dalam beberapa jenis gerak. Diantaranya yaitu sebagai berikut.
1.   Gerak Autonom, yaitu gerakan pada tumbuhan yang diperikaran gerakan tersebut berasal dari dalam tubuh tumbuhan itu sendiri, sebab tidak dapat dipastikan apa yang mempengaruhi gerak tersebut. Misalnya, gerak plasma sel dalam tumbuhan.
2.   Gerak Esionom, yaitu gerakan yang terjadi pada tumbuhan akibat rangsangan dari luar tubuh tumbuhan. Gerakan inilah yang umumnya kita ketahui sebagai gerakan dengan jenis berupa tropisme, nasti, dan taksis. Misalnya, pada gerak mendatangi rangsangan cahaya (fototropisme +)
3.   Gerak Higroskopis, yaitu gerakan yang terjadi pada tumbuhan karena perubahan kadar air dalam sel-sel tumbuhan. Misalnya gerakan pengerutan pada sel-sel tumbuhan.

Kesimpulan
Setiap makhluk hidup baik itu tumbuhan maupun hewan yang hidup di darat, air, dan udara akan mengalami aktivitas gerakan untuk keadaan tertentu. Setiap gerakan pada makhluk hidup adalah unik karena selalu terjadi baik dalam aktivitas yang cepat sehingga mudah teramati ataupun dalam gerakan yang sangat lambat sehingga cukup sulit untuk teramati.
Layaknya manusia yang selalu beraktivitas dan bergerak, kita harus bersyukur karena masih diberikan kemudahan untuk bergerak dengan leluasa.

Semoga postingan artikel ini bermanfaat dan menambah ilmu kita semua. Terima kasih sudah mampir di postingan artikel ini.
Tinggalkan jejak di kolom komentar agar saya mengetahui apa yang kurang dalam penjelasan materinya. Kunjungi artikel lainnya untuk mendapatkan lebih banyak materi dengan menu Daftar Materi atau Logo Pencarian di atas.
 

Belum ada Komentar untuk "Gerak Makhluk Hidup - IPA Biologi Kelas 8 (SMP)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel