Ternyata Seperti Ini Keunikan Gerak Pada Tumbuhan - Materi Lanjutan Biologi

Pada pembahasan materi sebelumnya, kita sudah mempelajari mengenai gerak makhluk hidup. Di kesempatan kali ini, kita akan melanjutkan materi untuk mempelajari tentang Gerak pada Tumbuhan. Seperti apakah gerak pada tumbuhan tersebut? Simak materinya di bahwa pada pembahasan dengan judul "Ternyata Seperti Ini Keunikan Gerak Pada Tumbuhan".
"Penulis: Andika (Gen Sukses Media, 2020)"
Pendahuluan
Seperti yang kita ketahui, bahwa gerak pada makhluk hidup khususnya tumbuhan ini terbagi menjadi 3 gerakan dasar karena dipengaruhi oleh adanya suatu rangsangan tertentu. Tiga jenis gerakan tersebut adalah berupa gerak autonom, gerak esionom, dan gerak higroskopis. Ketiga gerakan ini sudah dibahas pada materi sebelumnya. Adapun untuk saat ini kita akan fokus pada materi yang berhubungan dengan gerak esionom.
ternyata seperti ini keunikan gerak pada tumbuhan
Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay
Gerak esionom ini merupakan gerakan yang terjadi pada tumbuhan karena adanya suatu rangsangan yang berasal dari luar tubuh tumbuhan. Dari gerakan inilah kita mengetahui jika gerak pada tumbuhan terdiri dari gerakan berupa tropsme, nasti, dan taksis.
Untuk memahami berbagai keunikan gerak pada tumbuhan ini, coba terlebih dahulu perhatikan pembagian gerak pada tumbuhan berikut ini.
Gerak Tumbuhan Tropisme
  1. Fototropisme
  2. Geotropisme
  3. Hidrotropisme
  4. Tigmotropisme
  5. Kemotropisme
Gerak Tumbuhan Taksis
  1. Fototaksis
  2. Kemotaksis
Gerak Tumbuhan Nasti
  1. Fotonasti
  2. Niktinasti
  3. Termnonasti
  4. Tigmonasti
  5. Haptonasti
  6. Nasti Kompleks
Keunikan Gerak pada Tumbuhan
Gerak Tumbuham (Tropisme) merupakan gerak pada tumbuhan yang terjadi karena adanya pengaruh rangsangan dari luar tubuh tumbuhan tersebut.
Berikut ini penjelasan dari macam Gerak pada Tumbuhan (Tropisme)
  1. Fototropisme, merupakan jenis gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi rangsangan berupa arah datangnya cahaya. Berdasarkan arah datangnya cahaya tersebut, respon gerakan pada tumbuhan ini akan terbagi menjadi dua, yaitu gerakan tumbuhan mendekati arah rangsangan cahaya (fototropisme positif) contoh pada gerakan tunas apikal tumbuhan; dan gerakan tumbuhan menjauhi arah rangsangan cahaya (fototropsime negatif) contoh pada gerakan tunas akar.
  2. Geotropisme, merupakan jenis gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi rangsangan berupa gaya grativitasi bumi. Berdasarkan respon yang diberikan oleh tumbuhan, gerak geotropisme ini terbagi menjadi dua, yaitu geotropisme positif (gerakan tumbuh tumbuhan mengarah mendekati pusar bumi atau tarikan grativitasi bumi) dan geotropisme negatif (gerakan tumbuh tumbuhan mengarah menjauhi pusar bumi atau tarikan gravitasi bumi).
  3. Hidrotropisme, merupakan jenis gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa air. Gerakan ini dapat dilihat pada gerakan tumbuh akar yang akan selalu mengarah atau menuju sumber ketersediaan air.
  4. Tigmotropisme, merupakan jenis gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa sentuhan. Contoh dapat diamati pada gerakan sulur anggur dan tanaman yang pertumbuhannya merambat akan mengikuti atau membelit papan penopangnya.
  5. Kemotropisme, merupakan jenis gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa bahan kimia. Gerakan ini dicontohkan pada tunas akar tanaman yang akan mendatangi sumber nutrient yang banyak.
Gerak Tumbuhan (Taksis) merupakan gerak pada bagian tumbuhan tertentu yang berpindah tempat dan arah perpindahan tersebut dipengaruhi arah datangnya suatu rangsangan tertentu.
Berikut ini penjelasan dari macam Gerak pada Tumbuhna (Taksis)
  1. Fototaksis, merupakan gerakan pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa cahaya. Contohnya dapat teramati pada gerakan klorofil tumbuhan yang menuju pada arah datangnya rangsangan cahaya.
  2. Kemotaksis, merupakan gerakan pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa bahan kimia. Contohnya gerakan spermatozoid tumbuhan yang bergerak menuju suatu zat kimia seperti asam malat yang dihasilkan organ reproduksi tumbuhan betina. 
Gerak Tumbuhan (Nasti) merupakan gerak pada tumbuhan yang juga dipengaruhi oleh suatu rangsangan, tetapi tidak dipengaruhi oleh datangnya arah rangsangan tersebut. 
Berikut ini penjelasan dari macam Gerak pada Tumbuhan (Nasti)
  1. Fotonasti, merupakan jenis gerap pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa cahaya matahari. Contoh dapat diamati pada mekarnya bunga diwaktu tertentu
  2. Niktinasti, merupakan jenis gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa kondisi gelap. Contoh dapat diamati pada tumbuhan lamtoro yang akan merunduk ketika suasana mulai malam.
  3. Termonasti, merupakan jenis gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa kondisi suhu. Contohnya adalah gerakan pada tumbuhan bunga tulip yang mekar ketika cuaca hangat.
  4. Tigmonasti, merupakan jenis gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa mekanis seperti sentuhan atau tekanan. Contohnya gerakan yang terjadi pada daun putri malu yang disentuh.
  5. Haptonasti, merupakan jenis gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa keberadaan dan sentuhan serangga. Contoh pada gerakan tumbuhan Venus ketika terdapat serangga yang hampir di bagian tubuhnya.
  6. Nasti Kompleks, merupakan jenis gerak pada tumbuhan ynag dipengaruhi oleh banyak faktor rangsangan. Gerakan ini terjadi pada bagian tumbuhan berupa stomata yang melakukan gerakan menutup dan membuka karena berbagai faktor rangsangan. 
Sumber Rujukan atau Referensi:
Berikut ini adalah sumber rujukan atau referensi dari materi tentang keunikan gerak pada tumbuhan:
  • Wiraatmaja, I Wayan. 2017. Bahan Ajar Gerak Pada Tumbuhan. UNUD, Fakultas Pertanian.
  • Refli. Gerak Pada Tumbuhan. suaidinmath.files.wordpress.

Belum ada Komentar untuk "Ternyata Seperti Ini Keunikan Gerak Pada Tumbuhan - Materi Lanjutan Biologi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel