Perbedaan Hewan Buas dan Hewan Jinak dalam Berperilaku Mencari Makan

Gen sukses kembali hadir dalam postingan artikel kali ini yaitu menjelaskan tentang Perbedaan Hewan Buas dan Hewan Jinak dalam Berperilaku Mencari Makan. Memang antara diantara perilaku hewan yang unik adalah bagaimana cara mereka dalam berperilaku untuk mencari makan. Antara hewan buas dan hewan jinak ini memiliki perilaku yang berbeda. Meskipun keduanya sama-sama membutuhkan makanan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Akan tetapi, antara hewan buas dan hewan jinak memiliki perbedaan karakteristik perilaku. Bukan hanya dari cara mereka untuk mencari makan, akan tetapi juga dari cara mereka untuk mendapatkan dan menghadapi makanan yang ada tersebut. Berikut ini akan gen sukses media bahas lebih dalam mengenai perbedaan hewan buas dan hewan jinak dalam berperilaku mencari makan tersebut.
perbedaan hewan buas dan hewan jinak dalam berperilaku mencari makan

Perilaku Hewan Buas
Penyebutan hewan buas umumnya diberikan pada hewan-hewan liar baik itu berada di hutan ataupun berada di sekitar lingkungan kita. Akan tetapi tidak semua hewan yang ada di sekitar lingkungan kita ini dinobatkan sebagai hewan buas, lebih tepatnya terkadang hewan tersebut diberikan nama sebagai hewan liar saja. Karakteristik pada hewan buas tampak pada perilaku nya yang beringas, mulai dari cara mereka merespon kondisi di sekitar tempatnya dengan kekerasan, atau dengan cara mereka hidup melalui kelompok-kelompok yang siap untuk menjalankan tugas berburunya atau mempertahankan daerah teritorial mereka.
Perilaku hewan buas ini sebenarnya terkadang tidak tampak jika kondisinya baik-baik saja. Tetapi akan tampak perilaku buasnya jika keadaan mereka terganggu, misalnya ada organisme hewan lain yang memasuki wilayah atau daerah teritorialnya maka ini akan memicu perkelahian. Hewan buas memiliki respon yang keras terhadap apa-apa saja kondisi yang dianggap mengganggu. Bahkan untuk kondisi masa kawinpun, hewan buas akan melaksanakan kompetisi dahulu untuk mendapatkan betina yang mereka inginkan.
Meskipun hidup dalam bentuk kelompok-kelompok, selalu saja terdapat bentuk kompetisi yang umumnya dalam bentuk berkelahi sesama jenis untuk kepentingan dan tujuan tertentu. Dimana yang kalah akan tersingkir, dan hewan buas yang menang akan menjadi raja atau berhak mendapatkan apa yang diinginkan. Termasuk dalam kompetisi mencari mangsa dan makanan.

Perilaku Hewan Jinak
Perilaku hewan jinak cukup berbanding terbalik dengan perilaku hewan buas. Jika hewan buas tampak sangar, maka hewan jinak ini tampak cukup aman dan tidak memberikan respon bahaya sama sekali. Meskipun beberapa hewan buas dapat dijinakkan, akan tetapi tidak pada kesemua perilakunya yang dapat dijinakkan. Begitu pula dengan hewan jinak ini terkadang bisa menjadi buas meskipun tidak menampakkan perilaku yang sangat buas, jika hewan ini terkena gangguan ataupun masalah pada dirinya. Seperti sakit atau karena tidak diperhatikan.
Hewan jinak ini kebanyakan digunakan sebagai hewan peliharaan. Karena itu keberadaan hewan jinak ini sangat begitu dekat dengan keberadaan manusia. Kebanyakan hewan jinak hidup bersamaan dengan manusia meskipun terdapat batasan daerah teritorialnya. Misalnya untuk hewan yang dikhususkan untuk ternak akan ditempatkan di daerah peternakan. Begitu pula hewan jinak lainnya, seperti kucing dan anjing dapat diletakkan di luar rumah ketika kondisi sedang darurat.
Hewan jinak memiliki perilaku yang terkadang cukup menggemaskan dan membuat kita sering mendekatinya dan mengelus-elusnya. Apalagi ketika diberi makan, maka mereka akan semakin jinak. Akan tetapi tetap harus diperhatikan batasannya, sebab hewan yang jinak pun ketika kita salah memberikan perlakuan, maka mereka akan merespon dengan menjadi liar atau buas untuk keadaan tertentu.

Perbedaan Hewan Buas dan Hewan Jinak dalam Mencari Makan
Hewan buas dan hewan jinak tentu memiliki perilaku yang berbeda dalam hal mencari makanan. Biasanya untuk hewan buas mereka mencari makan dengan cara berburu atau memangsa baik itu secara individu ataupun secara berkelompok. Hubungan yang spesial dan selalu terjadi di antara hewan buas satu dengan hewan buas lainnya adalah hubungan memangsa dan dimangsa. Perilaku hewan buas inilah yang selalu diterapkan dalam hal mencari makanan. Hewan buas akan terus memangsa dan berburu hewan lain untuk dijadikan santapan makanan dalam hal memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu ciri khas yang dimiliki hewan buas adalah kecepatan, ketangkasan, kekuatan tubuhnya, dan terpenting gigi taring yang kuat untuk memangsa makanannya.
Berbeda halnya dengan hewan jinak, hewan ini memiliki perilaku yang unik untuk mencari makanannya. Hewan jinak dapat mencari makanan sendiri dari lingkungan sekitarnya. Mulai dari rumput-rumput sampai hewan-hewan kecil lainnya. sebenarnya hewan jinak juga melakukan perilaku berburu hanya saja tidak seberingas hewan buas. Dalam hal berburu makanan, hewan jinak tidak tampak serakah, melainkan hanya sesuai porsi yang mereka butuhkan. Terkadang pula hewan jinak hanya memakan makanan dari majikannya atau manusia yang memeliharanya. Oleh karena itu terkadang perilaku mencari makannya pun tergantikan dengan perilaku menunggu majikan memberikan makanan.

Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa terdapat perbedaan antara hewan buas dan hewan jinak dalam berperilaku mencari makan. Kalau hewan buas perilaku mencari makanannya berupa berburu dan memangsa, sedangkan hewan jinak memiliki perilaku mencari makanan yang cenderung kearah memakan apa yang terdapat disekitarnya, bahkan terkadang hewan jinak hanya menunggu untuk diberikan makanan oleh majikannya.
Tetapi perlu diperhatikan, bahwa setiap jenis hewan baik itu hewan buas ataupun hewan jinak dapat mengalami perubahan perilaku tergantung dari kondisi yang mereka hadapi secara terus menerus. Anjing hutan, Singa, dan Harimau dapat menjadi jinak dengan para penjaga binatang karena selalu diberikan perhatian. Begitu pula sebaliknya, hewan jinak seperti kucing, anjing, ataupun ular peliharaan dapat menjadi berbahaya jika mereka kehilangan perhatian atau justru diberikan kekerasan secara terus menerus.

Sumber Rujukan atau Referensi
Berikut ini adalah sumber rujukan atau referensi dari penulisan artikel mengenai "Perbedaan Hewan Buas dan Hewan Jinak dalam Berperilaku Mencari Makan".,
  1. Winarno, Gunardi Joko., dan Sugeng P. Harianto. 2018. Perilaku Satwa Liar. Lampung: CV Anugerah Utama Raharja.
  2. Duniapcoid. 2020. Ciri Hewan Peliharaan. https://duniapendidikan.co.id.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Hewan Buas dan Hewan Jinak dalam Berperilaku Mencari Makan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel