Sistem Reproduksi Manusia (Pengantar) - IPA Biologi Kelas 9 (SMP)

"Penulis: Andika (Gen Sukses Media, 2020)"
Pendahuluan
Salah satu hal yang luar biasa dimiliki oleh manusia adalah kemampuan untuk berkembang biak. Sebenarnya tidak hanya manusia, hewanpun memiliki kemampuan untuk berkembang biak, karena hal tersebut merupakan salah satu ciri dari makhluk hidup. Perbedaan utama dari kemampuan berkembang biak antara hewan dan manusia adalah mengenai sistem reproduksinya, dimana manusia lebih kompleks dengan organ-organ reproduksinya dibandingkan dengan hewan.
Setiap makhluk hidup yang ada di bumi, termasuk manusia berkembang biak untuk terus dapat eksis atau bertahan dengan melalui proses reproduksi tersebut sehingga nantinya akan terus menghasilkan keturunan yang dalam hal ini membawa manusia ataupun makhluk hidup lain untuk mempertahankan keberadaan jenisnya. Sistem reproduksi pada manusia menjadi hal terpenting untuk membawa manusia pada proses menghasilkan keturunan. 
sistem reproduksi manusia ipa biologi kelas 9
Sistem Reproduksi Manusia
Dasar dari pengetahuan mengenai sistem reproduksi manusia adalah, bahwa kemampuan reproduksi manusia berkaitan dengan kemampuan untuk berkembang biak atau menghasilkan keturunan. Hal terpenting dan menjadi dasar lagi adalah bahwa organ reproduksi pada laki-laki maupun organ reproduksi pada perempuan sama-sama memberikan peranan penting untuk proses reproduksi tersebut.
Masing-masing dari sistem reproduksi baik pada laki-laki ataupun pada perempuan memiliki karakteristik yang unik pada organ-organnya. Organ reproduksi pada laki-laki berbeda dengan organ reproduksi pada perempuan, sehingga keduanya memiliki fungsi dan peranan yang berbeda-beda jika dilakukan perbandingan. Meskipun begitu, keduanya tetap  saling terkait ketika dibahas mengenai jalannya proses reproduksi.
Dalam proses reproduksi tersebut, berkembangbiakan hanya akan terjadi jika ada percampuran antara sel kelamin laki-laki (sperma) dan sel kelamin perempuan (sel telur). Proses percampuran tersebut akan berakhir pada proses pembuahan yang terjadi pada organ reproduksi perempuan yang kemudian proses pembuahan tersebut akan membentuk janin (kandungan) dalam rahim perempuan.

Perbedaan Sistem Reproduksi Laki-laki dan Perempuan
Sistem reproduksi laki-laki ataupun perempuan memiliki keunikan masing-masing. Keunikan tersebutlah yang membawa perbedaan pada kedua sistem reproduksi tersebut. Pada sistem reproduksi Laki-laki, berfungsi sebagai alat produksi sperma dan sekaligus sebagai media penyimpanan sperma tersebut untuk beberapa waktu tertentu. Selain itu juga, organ reproduksi pada laki-laki dijadikan sebagai media jalan untuk mengantarkan sperma supaya dapat membuahi sel telur yang terdapat pada organ reproduksi perempuan.
Adapun untuk sistem reproduksi perempuan berperan sebagai penerima sperma dari laki-laki dan untuk memproduksi sel telur sekaligus berperan sebagai media mengandung bayi yang kita kenal sebagai organ rahim. Dari kedua perbedaan sistem reproduksi tersebutlah kita mengetahui bahwa keduanya saling terkait satu sama lain dalam proses menghasilkan keturunan.

Baik pada laki-laki maupun pada perempuan, sistem reproduksinya masing-masing memiliki struktur organ internal dan ekternal yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana perbedaan dari organ rerproduksi tersebut.


Organ Utama Sistem Reproduksi Laki-laki
Untuk organ reproduksi eksternal dari laki-laki adalah berupa:
  1. Testis, menjadi organ utama dan paling penting dalam sistem reproduksi laki-laki karena berperan sebagai kelenjar yang menghasilkan atau memproduksi sel sperma dan testoteron.
  2. Skrotum, menjadi bagian yang menonjol berupa kantong kulit yang menggantung pada bagian pangkal organ penis yang berperan sebagai pelindung dari testis.
  3. Penis, menjadi saluran pengeluaran sperma sekaligus sebagai organ vital seksual saat berhubungan dengan lawan jenis.
Adapun untuk organ reproduksi internal dari laki-laki diantaranya yaitu uretra, vas deferens, epididimis, vesikula seminalis, duktus ejakulatorius, kelenjar prostat dan kelenjar bulbourethral, yang kesemua organ tersebut dikenal sebagai organ aksesoris.
 
Organ Utama Sistem Reproduksi Perempuan
Berbeda halnya dengan organ reproduksi pada laki-laki, untuk organ reproduksi perempuan yang paling penting adalah organ reproduksi internalnya karena berkaitan dengan proses reproduksinya. Hal ini karena organ reproduksi eksternal hanya sebagai pelindung organ reproduksi internalnya dari berbagai gangguan seperti infeksi, sebagai jalur masuknya sperma sehingga mencapai sel telur, dan sebagai pemicu hasrat seksual pada perempuan.
Untuk organ reproduksi eksternal dari perempuan adalah berupa labium mayor, labium minor, kelenjar Bartholin dan klitoris.
Adapun untuk organ reproduksi internal pada laki-laki adalah berupa:
  1. Ovarium, sebagai kelenjar yang berfungsi untuk menghasilkan sel telur (ovum), dan berbagai hormon seperti progesteron dan estrogen.
  2. Tuba Falopi, sebagai jalur penghubung (transport) sel telur (ovum) dari ovarium menuju rahim
  3. Rahim, menjadi wadah janin untuk tumbuh dan berkembang saat proses kehamilan
  4. Vagina, sebagai penghubung mulut rahim ke bagian organ eksternal reproduksi (luar tubuh). Dari organ inilah dijadikan sebagai jalan untuk melahirkan. 
Untuk postingan artikelnya cukup sampai disini, dikesempatan berikutnya akan ditambahkan untuk materi-materi artikel yang masih kurang.
Terima kasih, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

Belum ada Komentar untuk "Sistem Reproduksi Manusia (Pengantar) - IPA Biologi Kelas 9 (SMP)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel