Mengapa Ada Anak yang Tidak Mirip Orangtuanya?

"Penulis: Andika (Gen Sukses Media, 2020)"
Pendahuluan
Hal unik sekali lagi yang pernah ditemukan pada manusia adalah adanya kemiripan antara kita dan orangtua kita. Banyak sekali hal yang menunjukkan kemiripan kita dengan orang Meskipun terkadang kemiripan tersebut tidak tergambar jelas dari kedua orang tua kita. Beberapa mungkin hanya mirip dengan Ibu kita atau beberapa lagi lebih mirip dengan ayah kita sendiri. Akan tetapi, kita pasti pernah melihat orang-orang disekitar kita, mungkin saja teman-teman kita atau bahkan saudara kita sendiri yang sama sekali tidak memiliki kemiripan dengan orang tua-nya. Sehingga beberapa pemikiran konyol mungkin muncul, seperti apakah mereka yang tidak mirip dengan orangtuanya merupakan orang lain atau bukan anak kandung?. Hal ini akan kita jawab bersama-sama.
mengapa ada anak yang tidak mirip orangtuanya


Baca Juga: "Alasan Mengapa Bentuk Tubuh setiap Manusia Unik"
Dari Mana Gen-genku?
Pada postingan artikel sebelumnya yang berkaitan dengan "Alasan mengapa bentuk tubuh setiap Manusia Unik", sebenarnya sudah gen sukses bahas sedikit mengenai dari mana penampilan kita berasal. Apa yang tampak dari diri kita kesemua itu berasal dari penurunan gen-gen yang berpasangan oleh kedua orangtua kita. Kombinasi gen-gen berpasangan tersebut yang sebagian dari Ibu kita dan sebagian lagi dari Ayah kita menciptakan tampilan ciri fisik pada diri kita. Hal tersebut yang berkaitan erat dengan proses pewarisan sifat.
Akan tetapi dalam hal ini, sejumlah gen akan lebih kuat atau dominan pengaruhnya terhadap penampilan kita daripada gen-gen lainnya. Misalnya yang umum terjadi disekitar kita, dimana kebanyakan orang yang ditemui akan berambut gelap dibandingkan orang yang ditemui berambut merah atau pirang, sebab gen rambut gelap lebih dominan atas gen rambut merah atau pirang tersebut.
Jadi, kembali ke pertanyaan atau masalah awal yang pernah kita temui, mengapa ada anak yang tidak mirip dengan orangtuanya?

Mengapa Ada Anak yang Tidak Mirip Orangtua-nya?
Untuk menjawab pertanyaan ini, gen sukses merujuk pada buku tulisan Crispin Boyer (National Geographic Kids) yang menyatakan bahwa penampilan seorang anak tidak akan selalu bisa ditebak dari melihat orangtuanya saja. Hal ini terjadi sebab kombinasi gen-gen tertentu dapat mempengaruhi gen-gen lain, misalnya memunculkan ciri-ciri tak terduga yang tersembunyi selama beberapa generasi. Oleh karena itu beberapa masalah kemiripan yang terjadi di sekitar kita mungkin tidak menampakkan miripnya dengan orangtua, tetapi justru menampakkan miripnya dengan kakek atau nenek atau bahkan di generasi sebelumnya yang segaris keturunan.
Selain karena gen-gen tersebut juga, faktor eksternal seperti lingkungan maupun pola makan dapat berperan besar dalam mempengaruhi bentuk badan, warna kulit, dan bahkan ciri fisik lainnya.
 
Banyak hal yang dapat tejadi berkaitan dengan pewarisan sifat (gen-gen). Penelitian terhadap gen dalam ilmu genetika selalu mendapatkan keterbaruan (terobosan-terobosan baru), namun masih banyak yang misterius mengenai pewarisan sifat tersebut.

Jadi mengapa ada anak yang tidak mirip orangtuanya itu sekali lagi dipengaruhi oleh gen dalam pewarisan sifat. Oleh karena itu jangan memikirkan hal-hal konyol lagi seperti mungkin mereka berasal dari orangtua yang berbeda atau saat kecil tertukar (efek kebanyakan nonton Anak yang Tertukar). Intinya apa yang ada saat ini pada diri kita cukup disyukuri dengan penuh keyakinan bahwa itu semua merupakan pemberian dari Allah azza wazalla.

Untuk postingan artikel kali ini cukup sampai disini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima Kasih dan sampai jumpa di postingan artikel berikutnya.

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Ada Anak yang Tidak Mirip Orangtuanya?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel