Apa Saja Ruang Lingkup Biologi? - Kelas 10 (SMA)

"Penulis: Andika (Gen Sukses Media, 2020)"
Pendahuluan
Biologi menjadi pelajaran yang unik dan menarik untuk selalu kita pelajari. Biologi menjadi pelajaran yang membawa kita mengetahui bagaimana diri kita dan bagaimana makhluk hidup lainnya. Berbagai kebermanfaatan kita dapat dari ilmu satu ini yang sudah banyak kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Biologi sangat memberikan kita kesempatan untuk mengagumi sistem yang berjalan pada diri kita terutama tubuh yang luar biasa ini, yang tentunya membawa pada mengenal siapa diri kita dan jati diri kita. Sehingga semakin mengenal diri, semakin pula kita mengenal sang pencipta (Allah azza wazalla) sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap apa yang ada pada diri kita ini.
Sebagian dari kita pasti sudah mengetahui bahwa Biologi merupakan cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang berfokus atau khusus pada mempelajari seluk beluk makhluk hidup dan gejala kehidupannya. Hal ini tentu membawa Biologi menjadi ilmu yang ruang lingkupnya sangat luas karena membahas dan mempelajari makhluk hidup dan interaksinya dalam kehidupan ini. Ruang Lingkup Biologi dikatakan luas dan kompleks, sebab mempelajari hal yang berkaitan dengan seluruh makhluk hidup, baik itu uniseluler atau multiseluler, hidup di darat atau hidup di air, dan masih banyak lainnya yang tentu berkaitan dengan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.
Jadi, bagaimana mengetahui ruang lingkup biologi tersebut? Mudahnya begini, segala sesuatu yang berkaitan dengan "makhluk hidup" menjadi ruang lingkup dari Biologi. Dalam hal ini ruang lingkup tersebut meliputi Objek Biologi, Tingkat Organisasi Kehidupan, dan Permasalahan Biologi. Inilah yang dapat kita pelajari sebagai ruang lingkup Biologi.
Apa saja ruang lingkup biologi?
Objek Biologi
Jika kita merujuk pada kata Biologi, kata tersebut berasal dari kata "bios" yang berarti kehidupan, dan "logos" yang berarti ilmu. Dari kata tersebut maka diketahui bahwa objek biologi dalam hal ini meliputi makhluk hidup itu sendiri, didalamnya dibahas mengenai zat-zat penyusun makhluk hidup, zat-zat yang dibutuhkan makhluk hidup, dan segala bentuk interaksi makhluk hidup terhadap lingkungannya. Dan perlu digaris bawahi disini adalah bahwa objek yang dipelajari pada Biologi akan terus berkembang dan semakin kompleks seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan pengetahuan serta teknologi. Hal ini akan terjadi sebab semakin kesini, banyak ditemukan alat-alat canggih yang mendukung berkembangnya ilmu yang satu ini. Dahulu manusia yang mempelajari objek yang berkaitan dengan biologi hanya terbatas dengan apa yang terlihat dengan kasat mata saja, akan tetapi saat ini para peneliti memiliki alat yang semakin canggih yang mampu melihat berbagai objek yang sangat kecil bahkan berukuran mikro maupun nano.

Perkembangan Cabang Biologi
Seperti yang dibahas sebelumnya, bahwa Biologi akan selalu berkembang, pembaharuan-pembaharuan mengenai bahasan suatu objek yang berkaitan dengan Biologi akan terus diperbaharui seiring perkembangan zaman dan teknologi. Masalah-masalah dalam Biologi yang saat dulu belum terpecahkan lambat laun dapat diselesaikan dan dijawab masalah yang ada tersebut oleh para peneliti berkat perkembangan IPTEK.
Begitu halnya dengan Biologi, semakin menuju kesini, Biologi semakin berkembang pesat. Biologi melahirkan atau menurunkan berbagai cabang-cabang ilmu pengetahuan yang fokus untuk membahas lebih dalam mengenai suatu fenomena-fenomena khusus yang terjadi pada suatu makhluk hidup. Hal ini agar hasil dari apa yang dipelajari dari suatu objek biologi tersebut valid hasilnya karena dikerjakan oleh orang-orang yang berkompeten di bidangnya secara mendalam.
Berikut ini adalah beberapa cabang dari Biologi yang sangat terkenal saat ini, diantaranya yaitu:
  1. Biologi Molekuler, fokus mengkaji komponen penyusun makhluk pada tingkat molekul
  2. Biologi Reproduksi, fokus mendalami tentang perkembangbiakan
  3. Biokimia, fokus mempelajari komponen kimia pada tubuh makhluk hidup
  4. Sitologi, fokus mempelajari tentang sel (cell)
  5. Histologi, fokus mempelajari tentang jaringan (tissue)
  6. Embriologi, fokus mempelajari tentang perkembangan embrio
  7. Organologi, fokus mempelajari tentang organ 
  8. Anatomi, fokus mempelajari struktur bagian-bagian tubuh
  9. Morfologi, fokus mempelajari penampakan bentuk bagian-bagian tubuh
  10. Dermatologi, fokus mempelajari kulit dan penyakitnya 
  11. Artrologi, fokus mempelajari tentang sendi
  12. Epidemiologi, fokus mempelajari tentang penularan penyakit
  13. Zoologi, fokus mempelajari tentang dunia hewan (fauna)
  14. Botani, fokus mempelajari tentang dunia tumbuha (flora)
  15. Bryologi, fokus mempelajari tentang lumut
  16. Entomologi , fokus mempelajari tentang serangga
  17. Etologi, fokus mempelajari perilaku hewan, mekanisme serta faktor-faktor penyebabnya
  18. Farmakologi, fokus mempelajari obat-obatan, interaksi dan efeknya terhadap tubuh manusia
  19. Genetika, fokus mempelajari tentang pewarisan sifat
  20. Evolusi, fokus mempelajari perubahan makhluk hidup dalam jangka panjang
Dan masih banyak cabang-cabang dari Biologi di kehidupan saat ini. Berdasarkan e-jurnal.com tahun 2013 terdapat 110 cabang biologi, dan tentunya itu akan semakin banyak seiring perkembangan zaman.
Dikesempatan berikutnya akan dibahas mengenai ruang lingkup biologi yang berkaitan dengan Tingkatan Organisasi Kehidupan. Dalam hal tersebut akan dibahas lebih kompleks lagi bagaimana ruang lingkup biologi yang mencakup kehidupan suatu makhluk hidup.
Semoga postingan kali ini bermanfaat, dan terima kasih, serta sampai jumpa di postingan materi berikutnya mengenai Ruang Lingkup Biologi.
“wallahu a’lam bis-shawab” (hanya Allah yang lebih mengetahui kebenaran yang sesungguhnya)

Belum ada Komentar untuk "Apa Saja Ruang Lingkup Biologi? - Kelas 10 (SMA)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel