Mengapa Ada Tumbuhan Endemik di Wilayah Tertentu?

Tumbuhan dan Keunikannya
Berbicara tentang Tumbuhan tentu tidak bisa terlepas dari berbagai keunikan atau kekhasan yang dimiliki oleh jenis makhluk hidup satu ini. Tumbuhan menjadi unsur utama dalam kehidupan terutama jika berbicara tentang rantai atau jaring-jaring makanan. Hampir disetiap pelosok atau penjuru wilayah saat sudut mata memandang pasti tampak suatu tumbuhan, mulai dari bentuk liana, terna, perdu atau semak, pohon kecil hingga pohon-pohon yang menjulang tinggi dan berbatang besar. Kesemuanya sudah hampir pernah kita amati secara langsung.

Akan tetapi, jika kita berbicara tentang suatu jenis tumbuhan di wilayah satu, bisa jadi di wilayah lain jenis tumbuhan tersebut tidak pernah dibicarakan karena keberadaannya yang tidak ada atau dalam hal ini tumbuhan tersebut tidak tumbuh di wilayah tersebut. Keberadaan tumbuhan antara satu wilayah dengan wilayah lain menjadikan tumbuhan ini semakin unik, karena jika kita melihat beberapa jenis tumbuhan, maka kita akan mengetahui bahwa jenis tumbuhan tertentu tidak hidup di sembarang wilayah. Dengan kata lain, persebaran jenis tumbuhan tersebut hanya terbatas pada wilayah tertentu. Inilah istilah yang umumnya kita berikan pada jenis tumbuhan tersebut yaitu berupa sebutan istilah Endemik.
Mengapa ada tumbuhan endemik di wilayah tertentu
Endemik
Dalam Ekologi, Endemik merujuk pada gejala yang terjadi pada suatu organisme (makhluk hidup) untuk menjadi unik di suatu wilayah geografi tertentu (pulau, negara, dan zona wilayah ekologi). Penggunaan istilah Endemik ini pada jenis organisme seperti tumbuhan harus memiliki syarat berupa jenis tumbuhan sebagai spesies asli tersebut harus ditemukan pada wilayah tertentu dan jika kita keluar wilayah tersebut, tidak akan ditemukan jenis tumbuhan yang dimaksud.

Lebih jelasnya adalah suatu jenis tumbuhan dikatakan endemik apabila persebaran jenisnya terbatas hanya pada habitat tertentu. Persebaran jenis tumbuhannya terbatas pada wilayah yang tidak terlalu luas.

Mengapa Ada Tumbuhan Endemik?
Jika kita bertanya mengenai mengapa ada tumbuhan endemik?. Maka rujukan kita untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah mengetahui sumber faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran suatu jenis tumbuhan tersebut. Istilah dasarnya dapat dikatakan karena adanya Isolasi Geografis yang dipengaruhi oleh kondisi lingkungan setempat atau zona penghalang. Dalam perjalanan waktu saat terisolasi, tumbuhan akan menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan untuk berevolusi mengikuti keadaan lingkungan setempat. Nantinya, hasil isolasi tersebut yang membawa tumbuhan berevolusi akan menciptakan kondisi bentuk tumbuhan yang khas, yang hanya terdapat pada wilayah tersebut.
Pertanyaan baru-nya! Seperti apa kondisi lingkungan setempat atau zona penghalang yang dimaksud?!
Menurut konsep dinamika fitogeografi, beberapa penyebab yang dapat mempengaruhi pola persebaran vegetasi adalah sebagai berikut.
  1. Migrasi
  2. Kondisi Wilayah
  3. Sifat Adaptasi
  4. Respon Tumbuhan
  5. Kelangsungan hidup yang terjadi tergantung adaptasi
Beberapa Contoh Tumbuhan Endemik
Seperti merujuk istilah endemik di atas, maka hanya ada beberapa jenis tumbuhan yang dapat diberikan gelar Endemik. Berikut ini adalah beberapa contoh tumbuhan Endemik yang terdapat di wilayah tertentu (apakah di wilayah kalian terdapat tumbuhan endemik? tulis di komentar).
  1. Bunga Padma Raksasa (Rafflesia arnoldii) - Endemik di pulau sumatera
  2. Bunga Padma Parasit (Rafflesia patma) - Endemik di pulau jawa
  3. Bunga Padma Borneo (Rafflesia borneesis) - Endemik di pulau kalimantan
  4. Bunga Edelweiss Jawa (Anaphalis Javanica) - Endemik di pulau jawa
  5. Anggrek hitam (Coelogyne pandurata) - Endemik di pulau kalimantan
  6. Kayu cendana (Santalum album) - Endemik di pulau nusa tenggara
  7. Kayu eboni (Diospyros spp) - Endemik di pulau sulawesi
  8. Matoa (Pometia pinnata) - Endemik di pulau papua
Untuk postingan artikel tentang tumbuhan endemik ini cukup sampai disini. Jika kalian ingin mengetahui berbagai postingan artikel terkait tumbuhan silahkan mengunjungi DAFTAR MATERI dengan Label "Biologi Tumbuhan" yang terdapat pada Menu di Atas.
Semoga bermanfaat, Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Ada Tumbuhan Endemik di Wilayah Tertentu?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel