Penemuan Terbaru Hewan Unik yang Mampu Hidup Tanpa Menghirup Oksigen

"Penulis: Andika (Gen Sukses Media, 2020)"
Sumber Rujukan Penulisan: Nationalgeographic.co.id 
Pendahuluan
Lagi dan lagi semakin kesini, penemuan-penemuan yang terdapat pada makhluk hidup semakin unik dan aneh. Kali ini datang pada dunia hewan (fauna). Hingga saat ini, selalu terdapat terobosan baru yang mengejutkan dalam perkembangan pengetahuan mengenai dunia hewan tersebut. Begitu pula saat ini, Ilmuan dari Tel Aviv University menemukan bahwa terdapat fenomena unik yang terjadi pada parasit kecil yang hidup pada otot ikan salmon. Dimana parasit tersebut mampu berhenti bernafas dan mengkonsumsi oksigen. Penemuan ini dikemukakan pada Proceeding National Academy of Sciences. Hal ini tentu mengejutkan sekaligus aneh sebab yang kita ketahui bahwa semua jenis hewan parasit pasti melakukan proses bernafas dan respirasi. Lain halnya dengan non-hewan yang mampu melakukan respirasi anaerob. Parasit yang dimaksud tersebut adalah jenis myxozoa.
Penemuan terbaru hewan unik yang mampu hidup tanpa menghirup oksigen

Penemuan tersebut juga sebenarnya mengejutkan pihak peneliti. Hal ini dikemukakan oleh Dorothee Huchon sebagai peneliti dari School of Zoology Tel Aviv University, yang mengungkapkan bahwa "penemuan tersebut menunjukkan bahwa evolusi dapat berjalan ke arah yang aneh. Pernapasan adalah sumber energi utama, tapi kami justru menemukan seekor binatang yang melepaskan syarat hidup tersebut".

Mengapa Hewan Unik ini Mampu Melakukannya?
Hal ini tentu membawa pada pertanyaan mengapa hewan unik seperti parasit tersebut mampu bernafas tanpa menghirup oksigen?. Untuk pertanyaan satu ini, sudah terjawab melalui penelitian tersebut. Dijelaskan bahwa penelitian tersebut dilakukan dengan prosedur mengurutan perbandingan genom parasit tersebut dengan jenis myxozoa lainnya. Hal ini mendapatkan hasil bahwa genom dari parasit tersebut tidak memiliki bagian berupa Mitokondria.
Dari sini kita tahu bahwa secara garis besar mitokondria merupakan bagian dari sel hewan yang berperan sebagai pabrik (yang memproduksi) energi dengan jalan respirasi sel (menangkap oksigen). Jika kita menunjuk parasit tersebut tidak memiliki bagian berupa mitokondria, maka tentu ini membawa arah pada keterangan bahwa parasit tersebut tidak menangkap atau menghirup oksigen.
Hal ini tentu menjadi salah satu penemuan yang unik sebab selama ini kita semua menganggap bahwa seluruh hewan yang ada memiliki kemampuan bernafas dan menghirup oksigen untuk kelangsungan hidupnya. Tetapi dengan penemuan tersebut akan muncul berbagai hal-hal baru seperti apakah penemuan ini dapat mematahkan anggapan bahwa seluruh hewan bernafas dengan menghirup oksigen atau penemuan ini akan terus ditindak lanjuti sebagaimana mestinya.

Menurut Dorothee Huchon juga, bahwa "penemuan ini memiliki pengaruh yang akan menjadi besar dalam perkembangan ilmu evolusi yang semakin berkembang dan kompleks".

Semoga postingan artikel kali ini menambah pengetahuan dan wawasan kita semua. Terima kasih telah hadir di website ini. Mohon maaf jika masih terdapat berbagai kekurangan. Sampai ketemu di postingan artikel selanjutnya.
 

Belum ada Komentar untuk "Penemuan Terbaru Hewan Unik yang Mampu Hidup Tanpa Menghirup Oksigen"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel