Tujuan dan Manfaat Klasifikasi dalam Biologi (Taksonomi) - Materi Lanjutan

"Penulis: Andika (Gen Sukses Media, 2020)"
Pendahuluan
Setelah di postingan artikel sebelumnya dibahas mengenai pengantar klasifikasi berupa makhluk hidup dan benda tak hidup yang dijelaskan mengenai klasifikasi makhluk, pada kesempatan kali ini gen sukses akan melanjutkan penjelasan mengenai materi tersebut. Sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa kegiatan klasifikasi merupakan kegiatan pengelompokkan suatu makhluk menjadi golongan-golongan tertentu. Klasifikasi makhluk merupakan suatu cara untuk mengelompokkan makhluk berdasarkan kesamaan ciri yang dimilikinya. Sampai disini terdapat hal yang menjadi pertanyaan yaitu mengapa klasifikasi ini perlu dilakukan? Mengapa seorang ahli biologi dalam bidang taksonomi melakukan klasifikasi terhadap seluruh makhluk hidup yang ada? Hal ini tentu ada pengaruhnya terhadap ilmu pengetahuan khususnya bidang biologi.
tujuan dan manfaat klasifikasi dalam biologi (taksonomi)

Analogi Klasifikasi
Untuk memahami tentang klasifikasi lebih mendalam ini, coba perhatikan analogi dari gen sukses ini. Pasti kalian pernah pergi ke pasarkan? Coba kalian perhatikan bagaimana seorang pedagang mengelompokkan barang-barang dagangannya. Jika diperhatikan terdapat kelompok barang dagangan kebutuhan pokok, kelompok barang dagangan buah-buahan, barang dagangan sayuran, dan kelompok barang dagangan lainnya yang tampak tersusun secara rapi. Hal ini dilakukan oleh seorang pedagang untuk memudahkan para pembeli mencari barang yang mereka inginkan. Pastinya ketika kita sebagai pembeli pergi ke sebuah pasar, tentu kita mempunyai maksud dan tujuan tertentukan untuk membeli suatu barang. Tidak mungkin rasanya ketika kita ingin membeli buah-buahan, tapi justru kita menuju pasar yang khusus menjual dagangan berupa pakaian.
Inilah pula yang dimaksudkan oleh ahli biologi ketika melakukan kegiatan klasifikasi. Mereka melakukan klasifikasi guna memudahkan pekerjaan atau penelitian terhadap suatu objek misalnya makhluk hidup tertentu. Dengan adanya klasifikasi, kita sebagai seorang pelajar akan mudah mempelajari suatu jenis makhluk hidup misalnya, karena fokusan kita lebih terarah pada hal yang ada di hadapan kita. Misalnya kita ingin mempelajari tentang materi Kingdom plantae, maka kita akan diarahkan dengan hal yang hanya berhubungan dengan kingdom plantae tersebut.
Di atas tersebut hanya beberapa gambaran mengenai pentingnya klasifikasi ini, berikut akan lebih dijelaskan mengenai tujuan dan manfaat klasifikasi dalam biologi.

Tujuan Klasifikasi dalam Biologi
Secara umum tujuan dari klasifikasi dalam biologi adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, serta mempelajari suatu objek dalam biologi termasuk dalam hal ini adalah makhluk hidup. Adapun untuk tujuan secara khususnya adalah sebagai berikut.
  1. Mengelompokkan suatu objek berupa makhluk hidup berdasarkan permasaan ciri yang tampak pada makhluk hidup tersebut
  2. Memberikan deskripsi terhadap suatu objek berupa makhluk hidup untuk membedakannya dengan jenis makhluk hidup lainnya
  3. Mengetahui hubungan kekerabatan dari suatu makhluk hidup
  4. Memberikan penamaan pada suatu makhluk hidup yang belum diketahui sebelumnya.
Manfaat Klasifikasi dalam Biologi
Selain tujuan klasifikasi, berikut ini untuk beberapa manfaat dari klasifikasi dalam biologi, diantaranya yaitu:
  1. Memberikan berbagai kemudahan untuk mempelajari atau mengidentifikasi suatu objek makhluk hidup tertentu.
  2. Membantu memahami sejarah perjalanan keturunan atau kekerabatan suatu makhluk hidup
  3. Membantu dalam membandingkan melalui pengamatan perbedaan maupun persamaan pada objek berupa makhluk hidup
  4. Membantu komunikasi pada suatu penelitian tentang makhluk hidup
Dasar Klasifikasi
Jika merujuk pada tujuan dan manfaat klasifikasi di atas, maka tentu yang menjadi hal penting disini adalah dasar klasifikasi itu sendiri. Dari tujuan dan manfaat klasifikasi, dijelaskan bahwa klasifikasi menjadi dasar mengelompokkan suatu objek berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri yang dimiliki (membandingkan antara satu jenis objek dengan objek lain untuk mengelompokkannya). Oleh karena itu didapat dasar dari klasifikasi tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Klasifikasi berdasarkan persamaan ciri yang tampak pada suatu objek berupa makhluk hidup meliputi ciri bentuk tubuh (morfologi) dan ciri struktur dalam tubuh (anatomi)
  2. Klasifikasi berdasarkan perbedaan ciri yang tampak pada suatu objek berupa makhluk hidup meliputi ciri bentuk tubuh (morfologi) dan ciri struktur dalam tubuh (anatomi)
Selain itu terdapat rujukan yang menyatakan bahwa salah satu dasar klasifikasi juga adalah berdasarkan ciri biokimia yang terdapat pada suatu makhluk hidup (Soepomo, 1987).

Di postingan artikel lanjutan berikutnya akan dijelaskan mengenai Tahapan klasifikasi dan Sistem klasifikasi makhluk hidup. Semoga untuk postingan artikel kali ini bermanfaat, dan terima kasih telah hadir di website ini, serta sampai jumpa di postingan artikel berikutnya.

“wallahu a’lam bis-shawab” (hanya Allah yang lebih mengetahui kebenaran yang sesungguhnya)

Belum ada Komentar untuk "Tujuan dan Manfaat Klasifikasi dalam Biologi (Taksonomi) - Materi Lanjutan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel