Fakta Unik Tumbuhan memiliki Respon Pendengaran

"Penulis: Andika (Gen Sukses Media, 2020)"
Pendahuluan
Memang tidak bisa dielakkan bahwa makhluk hidup seperti tumbuhan memiliki berbagai keunikan dalam hidupnya. Sama halnya dengan manusia dan hewan, kita dapat menemukan banyak keunikan pada tumbuhan. Banyak hal yang dapat kita pelajari melalui tumbuhan tersebut. Mulai dari kemampuan mereka dalam fotosintesis untuk memproduksi makanan, kemampuan mereka untuk tumbuh, kemampuan untuk bertahan hidup, hingga kemampuan mereka untuk bertindak atau merespon sesuatu yang terjadi di sekitar keberadaannya.
Kemampuan untuk merespon keadaan di sekitar merupakan mekanisme luar biasa yang dimiliki oleh suatu tumbuhan. Walaupun mekanisme respon ini juga dimiliki oleh manusia ataupun hewan, akan tetapi mekanisme respon tumbuhan terhadap perubahan yang terjadi pada suatu lingkungan ini lebih rumit. Jika manusia dan hewan mendapati keadaan yang kurang baik di suatu lingkungan, maka mudah saja untuk merespon dengan meninggalkan lingkungan tersebut. Tetapi ini berbeda jika berbicara tentang tumbuhan yang tidak mampu untuk berpindah-pindah tempat.
Lantas bagaimana mekanisme tumbuhan untuk mampu merespon keadaan di sekitarnya?
fakta unik tumbuhan memiliki respon pendengaran

Presepsi Tumbuhan
Untuk bahasan mengenai bagaimana mekanisme tumbuhan ini mampu merespon keadaan di sekitarnya, maka ini berkaitan dengan istilah Presepsi Tumbuhan atau dalam istilah ilmiahnya adalah gnosophysiology tumbuhan. Presepsi tumbuhan merupakan kemampuan suatu tumbuhan untuk dapat merasakan ataupun merespon lingkungannya dengan melakukan penyesuaikan terhadap morfologi, fisologi, dan fenotipnya. 
Berdasarkan kutipan dari en.wikipedia.org yang membahasa mengenai Plant perception (physiology), didapat bahwa melalui berbagai penelitian botani, diungkapkan kalau tumbuhan ataupun tanaman mampu bereaksi terhadap berbagai jenis rangsangan, seperti:
  1. Cahaya
  2. Kelembaban
  3. Suhu
  4. Gravitasi
  5. Bahan Kimia
  6. Infeksi
  7. Konsentrasi O dan CO2
  8. Infestasi Parasit
  9. Penyakit
  10. Gangguan Fisik
  11. Sentuhan
  12. Suara
Banyaknya pengetahuan mengenai respon yang mampu diberikan tumbuhan terhadap rangsangan tersebut seperti yang dijelaskan yaitu didapat melalui berbagai penelitian botani terutama dalam disiplin ilmu yang berkaitan melalui fisiologi tanaman, ekologi, serta biologi molekuler. Akan tetapi hal yang menjadi sedikit aneh disini adalah bagaimana suatu tumbuhan dikatakan mampu untuk merespon rangsangan berupa "Suara"?. Bukankah Tumbuhan ini tidak memiliki alat pendengaran?

Fakta Unik Tumbuhan memiliki Respon Pendengaran
Terbaru ini (2019) merujuk pada National Geoghrapic Indonesia, para ilmuan telah dapat membuktikan bahwa suatu tumbuhan dapat merespon rangsangan berupa degungan lebah yang berada di sekitarnya. Respon yang diberikan terhadap degungan tersebut adalah berupa produksi nektar yang berlebih.
Rujukan ini diperkuat dari hasil observasi pada spesies tumbuhan Oenothera drummindii yang dilakukan oleh para peneliti dari Tel-Aviv University. Dari hasil observasi tersebut, didapatkan bahwa ketika bunga tumbuhan Oenothera drummindii itu merasakan gelombang suara dari sayap lebah yang berada di sekitar kelompak bunganya, pada bunga tersebut terjadi peningkatan konsentrasi gula dari nektarnya hingga 20%.

Disampai disitu, pada eksperimen lanjutannya dilakukan lagi melalui beberapa perlakuan dengan menggunakan lebih dari total 650 spesies tumbuhan Oenothera drummindii. Perlakuan yang diberikan adalah berupa jenis suara dengan frekuensi yang berbeda untuk mengukur perbedaan produksi nektar tumbuhan tersebut. Dalam hal ini jenis suara yang diberikan adalah berupa dengungan lebah, suara lain, dan hening.
Dari hasil eksperimen tersebut, dihasilkan bahwa suara dengungan lebah dapat memicu campuran produksi nektar hanya dalam waktu 3 menit. Sedangkan pada kondisi pengaruh "hening" tidak memberikan pengaruh sama sekali. 

Mengapa itu Bisa Terjadi?
Respon tumbuhan terhadap suara ini memanglah unik. Dengan meningkatkan produksi nektarnya, maka lebah yang ada disekatnya tentu akan lebih menyukai bunga tumbuhan tersebut. Hal ini juga akan dapat membantu tumbuhan bunga tersebut memaksimalkan peluang untuk menyebarkan serbuk sarinya. Kemampuan yang dimiliki oleh tumbuhan seperti ini akan memberikan keuntungan evolusi untuk masa mendatang. 

Pertanyaan yang Masih Mengambang
Beberapa pertanyaan yang masih ada dan tergiang-giang di hadapan kita adalah Apakah hanya spesies tumbuhan di atas yang diteliti tersebut yang memiliki kemampuan untuk mendengarkan dengungan lebah? Bagaimana respon tumbuhan terhadap suara seperti dari manusia ataupun hewan? Organ apa yang dimiliki tumbuhan tersebut sehingga mampu memproses rangsangan berupa suara? Kesemua pertanyaan ini kita serahkan kepada para peneliti yang masih melakukan riset secara mendalam. 
Semoga postingan artikel kali ini bermanfaat, dan terima kasih telah hadir di website ini. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan artikel. Sampai ketemu di postingan berikutnya.
“wallahu a’lam bis-shawab” (hanya Allah yang lebih mengetahui kebenaran yang sesungguhnya)

Belum ada Komentar untuk "Fakta Unik Tumbuhan memiliki Respon Pendengaran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel