Dasar Perbedaan Angiospermae dan Gymnospermae Berdasarkan Struktur Tubuhnya

Perbedaan Angiospermae dan Gymnospermae - Seperti yang kita ketahui, bahwa tumbuhan berbiji atau Spermatophyta merupakan tumbuhan yang tingkat perkembangannya paling tinggi. Dimana, kelompok tumbuhan ini menghasilkan biji yang menjadi alat perkembangbiakan generatif. Dari biji yang dihasilkan tersebut, Spermatophyta terbagi dua menjadi tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup. Kira-kira seperti apa penjelasan kedua kelompok tumbuhan biji tersebut? Simak materi nya gen.
perbedaan angiospermae dan gymnospermae, perbedaan tumbuhan berbiji tertutup dan tumbuhan berbiji terbuka
Angiospermae dan Gymnospermae (Gen Sukses Media)
Sebenarnya, jika kita merujuk pada nama yang diberikan pada kedua kelompok tumbuhan ini, maka tentu kita sudah tahu kan gen mengenai perbedaannya. Yap, dari kata tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup, kita mudah untuk menebak perbedaan dari kedua kelompok ini berdasarkan biji tersebut.
Tetapi tidak hanya berdasarkan kondisi biji-nya. Gen sukses akan membahas lebih banyak perbedaan lagi mengenai gymnospermae dan angiospermae. Oleh karena itu, Simak baik-baik yaa sahabat gen.

Definisi Angiospermae dan Gymnospermae
Kita mulai dari perbedaan definisi pada kedua kelompok tumbuhan ini ya gen!
Untuk kata gymnospermae, istilah itu berasal dari bahasa Yunani, dengan Gymnos memiliki telanjang (Terbuka) dan Sperma memiliki arti biji, sehingga istilah Gymnospermae dapat diartikan suatu tumbuhan berbiji telanjang (terbuka). Pemberian nama itu didasarkan pada kondisi biji nya yang tidak dibentuk dalam bakal buah. Pada Gymnospermae, biji yang ada akan tampak secara langsung, terletak diantara daun-daun penyusun strobilus atau sebutan lainnya adalah runjung.

Sedangkan, berlainan dengan Angiospermae, nama ini berasal dari Yunani dengan kata Angios yang berarti Tertutup dan Sperma yang berarti biji, sehingga Angiospermae dapat diartikan sebagai tumbuhan berbiji tertutup. Pemberian nama ini merujuk pada kondisi biji yang dalam keadaan terlindung (Tertutup) dari karpel yang merupakan struktur penting dalam organ bunga. Sehingga beberapa orang sering menyebut angiospermae ini dengan sebutan Magnoliophyta karena adanya struktur khas berupa organ bunga.

Perbedaan Alat Reproduksi Angiospermae dan Gymnospermae
Oke sahabat gen, coba perhatikan penjelasan berikut mengenai perbedaan alat reproduksi yang mengarah pada maksud dari kata terbuka atau tertutup dari kedua jenis kelompok tumbuhan tersebut.
Organ reproduksi pada gymnospermae disebut konus atau strobilus. Tumbuhan berbiji terbuka atau gymnospermae memiliki karkateristik berupa tidak memiliki bunga, dimana sporofil yang ada terpisah-pisah berupa membentuk srobilus jantan dan betina. Struktur dari strobilus ini tidak memiliki bagian berupa karpel sehingga posisi bakal biji (biji) tidak terlindungi, dan hanya berada pada bilah-bilah strobilus yang berbentuk sisik. Inilah yang menyebabkan biji pada gymnospermae dianggap terbuka (telanjang).

Sedangkan, organ reproduksi angiospermae adalah bunga. Pada bunga tersebut terdapat bagian ovary (bakal buah) dalam struktur karpel. Dimana, ovule (bakal biji) dibungkus pada ovary (bakal buah) tersebut. Nantinya Ovule tersebut berkembang menjadi biji dan ovary tadi berkembang menjadi buah. Hal ini jelas menggambarkan bagaimana kondisi biji pada angiospermae yang dalam keadaan tertutup. Sampai disini pahamkan sahabat gen.

Perbedaan Struktur Morfologi Angiospermae dan Gymnospermae
Oke sekarang kita masuk pada perbedaan struktur secara morfologi nya ya sahabat gen, yang meliputi perbedaan struktur akar batang dan daun.

Untuk perbedaan akar,
Tumbuhan gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) mempunyai struktur akar tunggang, sedangkan untuk tumbuhan angiospaermae (tumbuhan berbiji tertutup) memiliki akar yang bervariasi (beragam), hal ini karena terbagi dengan kondisi tumbuhan dikotil berakar tunggang dan tumbuhan monokotil berakar serabut.

Untuk perbedaan batang,
Tumbuhan gymnospermae semua batangnya yang mengandung kambium. Kambium tersebut  adalah jaringan tumbuhan yang berada tepat di antara struktur floem dan xilem. Adapun, berbeda halnya dengan Tumbuhan angiospermae, bagian batang pada tumbuhan ini ada yang berkambium dan ada juga yang tidak memilikinya. Perbedaan ini dapat dilihat pada Tumbuhan dikotil yang berkambium dan tumbuhan monokotil yang tidak berkambium.

Adapun untuk perbedaan bentuk daun,

Untuk bentuk daun dari gymnospermae memiliki struktur yang kaku dan sempit serta memiliki sifat majemuk dengan tulang yang bentuknya tidak beragam.
Adapun pada angiospermae ini cukup berbeda dengan gymnospermae sebab bentuk daunnya pipih dan juga lebar. Sehingga susunan tulang daun yang ada akan bervariasi. Misalnya Untuk bentuk tulang daun pada tumbuhan dikotil kita dapat melihatnya adanya daun menyirip dan juga menjari. Sedangkan untuk bentuk-bentu daun tumbuhan monokotil kita dapat melihat bentuk tulang daun yang tampak sejajar dan juga melengkung.

Penutup Pembahasan
Oke sahabat gen mungkin sampai disini dulu ya pembahasan materi-nya, mungkin singkat, tetapi semoga menambah pengetahuan sahabat gen semua. Untuk selanjutnya bakal gen sukses bahas mengenai klasifikasi dari gymnospermae dan angiospermae ini. jadi tetap ditunggu ya lanjutannya gen. terima kasih dan sampai jumpa

Belum ada Komentar untuk "Dasar Perbedaan Angiospermae dan Gymnospermae Berdasarkan Struktur Tubuhnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel