10 Pertanyaan tentang Tumbuhan Paku yang Sering Muncul beserta Jawabannya

Berikut ini beberapa pertanyaan yang paling banyak ditemukan terkait dengan pembahasan tumbuhan paku (pteridophyta) beserta penjelasan atas jawaban dari pertanyaan tersebut.10 (sepuluh) pertanyaan ini bersifat mendasar dan cukup menjeleskan seluruh hal yang berkaitan dengan tumbuhan paku. Seperti apa bentuk pertanyaan tersebut dan penjelasannya? simak penjelasannya berikut ini.
tumbuhan paku, pertanyaan tentang tumbuhan paku dan pembahasannya
Gambar oleh sandid dari Pixabay

Tumbuhan Paku adalah ?
Tumbuhan paku (Pteridophyta) atau juga dapat disebut sebagai paku-pakuan, atau pakis-pakisan merupakan kelompok tumbuhan di bawah kingdom plantae dengan sistem pembuluh sejati atau tracheophyta yang menghasilkan keturunan dengan cara pelepasan spora sehingga disebut juga berupa kormofita berspora. Disebut kormofita karena adanya akar, batang, dan daun meskipun kadang tampak sangat kecil.
Berdasarkan asal katanya, pteridophyta berasal dari kata pteron berarti sayap, bulu; serta phyton berarti tumbuhan. Hal ini menggambarkan morfologi tumbuhan paku yang memiliki daun tersusun seperti sayap atau bulu.
 
tumbuhan paku berkembang biak dengan cara ?
Cara utama untuk tumbuhan paku berkembang biak adalah dengan Spora yang dihasilkan melalui sporangium. Sporangium ini terkumpul dalam bagian berupa sorus yang dapat kalian amati di permukaan daun sporofil tumbuhan paku (tampak seperti bintik-bintik hitam).  
Pteridophyta ini dapat berkembang biak dengan cara seksual ataupun aseksual. Oleh karena itu tidak selalu tumbuhan paku berkembang biak dengan cara penyebaran spora. Untuk perkembangbiakan secara aseksual ini terjadi dengan pertunasan pada bagian rizom. Sedangkan untuk perkembangbiakan secara seksual ini terjadi saat pergiliran keturunan (generasi) dari pteridophyta.
Pada saat generasi sporofit, tumbuhan paku menghasilkan spora. Spora akan dikeluarkan dari sporangium. Spora yang sampai pada tempat cocok akan berkembang membentuk protalium. Protalium inilah awal dari generasi gametofit tumbuhan paku yang akan berkembang.

tumbuhan paku mempunyai daun muda yang menggulung yang disebut dengan istilah ?
Istilah daun muda yang menggulung pada tumbuhan paku adalah circinate atau dalam bahasa indonesianya adalah sirsinat. Daun muda menggulung tersebut umumnya dapat ditemui pada kelompok paku-pakuan sejati (pteridopsida).

tumbuhan paku yang dijumpai sehari-hari adalah berupa ?
Tumbuhan paku yang kita temui sehari-hari berada dalam fase generasi sporofit dimana pada fase ini, tumbuhan paku memiliki ukuran yang cukup jelas untuk dilihat oleh mata telanjang. Di tahap ini, kita dapat melihat bagian penting berupa akar, batang, dan daun tumbuhan paku. Bahkan di beberapa jenisnya, misalnya pada Pteridopsida, tampak adanya daun yang cukup lebar dan besar.

tumbuhan paku memiliki ciri-ciri berupa ?
  1. Sudah tampak adanya akar, batang, dan daun, meskipun ukurannya terkadang sangat kecil.
  2. Memiliki pembuluh pengangkut berupa xilem dan floem.
  3. Dapat ditemukan di berbagai tempat atau habitat, seperti di air, tempat lembab, epifit dengan menempel pada tumbuhan lain, dan saprofit pada sisa-sisa tumbuhan atau organisme lain.
  4. Menghasilkan spora, dalam hal ini tumbuhan paku tidak menghasilkan biji layaknya tumbuhan spermatophyta.
  5. Adanya pergiliran daur (metagenesis) yang terdiri atas generasi sporofit dan gametofit.
  6. Terdapat dua istilah daun, yaitu tropofil (daun untuk fotosintesis) dan sporofil (daun untuk menghasilkan spora).
  7. Tidak memiliki bagian berupa bunga layaknya kelompok tumbuhan angiospermae.
  8. Bagian batang berupa (Rhizom) yang umumnya berada di dalam tanah dan merambat untuk menghasilkan tunas keturunan baru.
tumbuhan paku dan lumut memiliki persamaan kecuali ?
Untuk persamaan antara paku dan lumut sendiri adalah berupa reproduksinya yang sama-sama dengan spora, keduanya juga mengalami daur keturunan (metagenesis), keduanya juga dapat hidup secara epifit serta menyukai tempat yang lembab. selain itu keduanya juga termasuk autotrof karena mampu melakukan fotosintesis.
Namun keduanya tetap berbeda dari sisi fase daur hidup yang dominan, dari struktur tubuhnya yang jelas berbeda sebab lumut masih sangat sulit untuk dibedakan bagian berupa akar, batang, dan daunnya, pada lumut akarnya hanya berupa rizoid. Kemudia di sisi perbedaan berupa ada tidaknya pembuluh angkut, jika tumbuhan paku sudah memilikinya, namun pada tumbuhan lumut ini belum memilikinya.

interaksi tumbuhan paku tanduk rusa dengan menempel pada tumbuhan inang adalah interaksi ?
Seperti yang diketahui bahwa tumbuhan tanduk rusa ini menempel atau epifit pada pohon inangnya. Namun dalam hal ini tumbuhan tanduk rusa bukanlah termasuk bersifat parasit, karena sifatnya tidak merugikan pohon inangnya.
Interaksi yang terjadi antara tumbuhan paku tanduk rusa yang hidup menempel pada pohon adalah ternasuk interaksi simbiosis komensalisme, dimana tumbuhan tanduk rusa hanya menempel pada pohon inang tanpa mengambil sari makanan yang dibentuk oleh pohon inang. Tumbuhan tanduk rusa hanya menempel untuk mendapatkan kondisi lembab, serta mendapatkan sari-sari makanan dari daun-daun gugur dari pohon inang yang terperangkat pada bagian ental tumbuhan tanduk rusa. Untuk memperoleh air, tumbuhan paku tanduk rusa memanfaatkan struktur tubuhnya untuk menangkap air hujan, embun, dan bahkan uap air.

tumbuhan paku yang menempel pada pohon kelapa termasuk simbiosis?
Simbiosis yang terjadi antara tumbuhan paku dan pohon kelapa adalah termasuk simbiosis komensalisme. Hal ini terjadi sebab tumbuhan paku hanya menempel hidup di pohon kelapa dan tidak menyerap sari-sari makanan yang terdapat pada pohon kelapa tersebut. Dalam hal ini pihak pohon inang kelapa tidak dirugikan maupun diuntungkan. Oleh karena itu yang diuntungkan disini adalah tumbuhan paku itu sendiri karena mendapatkan tempat hidup sebagai epifit.

tumbuhan paku yang mengandung silika adalah?
Paku ekor kuda (Equisetumm debile) adalah tumbuhan paku yang mengandung silika yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan penggosok. Hal ini dapat dilihat pada bentuk tumbuhan paku ekor kuda yang berbentuk menyerupai sikat keras.

tumbuhan paku yang menghasilkan spora berbeda jenis disebut sebagai?
Tumbuhan paku memiliki keunikan dimana mereka dapat menghasilkan spora yang berbeda jenis bahkan dapat berbeda ukuran. Hal ini dapat terjadi pada tumbuhan paku yang termasuk dalam paku heterospora dimana paku ini menghasilkan dua jenis spora yang berbeda serta berlainan ukuran. 

Belum ada Komentar untuk "10 Pertanyaan tentang Tumbuhan Paku yang Sering Muncul beserta Jawabannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel