10 Pertanyaan tentang Tumbuhan Lumut yang Sering Muncul beserta Jawabannya

10 Pertanyaan tentang Tumbuhan Lumut yang Sering Muncul beserta Jawabannya

Berikut ini beberapa pertanyaan yang paling banyak ditemukan terkait dengan pembahasan tumbuhan lumut (bryophyta) beserta penjelasan atas jawaban dari pertanyaan tersebut. 10 (sepuluh) pertanyaan ini tentunya bersifat mendasar dan cukup menjeleskan seluruh hal yang berkaitan dengan tumbuhan lumut itu sendiri. Jadi, seperti apakah bentuk dari pertanyaan tersebut dan penjelasannya? simak penjelasannya di bawah ini ya gen.

pertanyaan tentang tumbuhan lumut
Tree photo created by freepik - www.freepik.com


tumbuhan lumut adalah?

Lumut (Bryophyta) merupakan salah satu divisi pada tumbuhan tingkat rendah, dimana Bryophyta berasal dari kata Bryon yang memiliki arti "lumut" dan phyton yang memiliki arti tumbuhan lembab atau basah, yang bila digabungkan menjadi satu kata berarti tumbuhan lumut yang hidup ditempat-tempat dengan kondisi lembap atau basah.


tumbuhan lumut yang dimanfaatkan sebagai tumbuhan obat adalah?

berikut ini adalah beberapa jenis tumbuhan lumut yang hingga dulu sudah cukup terkenal digunakan dalam berbagai jenis pengobatan, diantaranya yaitu:

1. Sphagnum sp.

Analisis kimia telah mengungkapkan bahwa kebanyakan bryophyta, termasuk Sphagnum , memiliki sifat antibiotik. Ekstrak dari banyak spesies lumut dan lumut hati ternyata mengandung senyawa fenolik yang mampu menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri patogen. Sphagnum kering, dipergunakan perban bedah yang sangat baik karena sifatnya yang menyerap (menyerap lebih banyak cairan daripada kapas), dan kemampuannya untuk mencegah infeksi. Manfaat lumut tersebutlah yang digunakan secara luas selama Perang Dunia I.

2. Marchantia polymorpha

penyakit yang menyerang hati seperti hepatitis juga bisa diobati dengan obat yang terbuat dari lumut jenis Marchantia polymorpha.

3. Frullania tamaricis

lumut juga digunakan sebagai zat antiseptic yang membantu membunuh kuman. Zat antiseptic sering dijumpai dalam pembuatan sabun kesehatan dan juga obat kumur pembersih. Jenis lumut yang digunakan dalam pembuatan antiseptic adalah lumut Frullania tamaricis

4. Jenis lumut lainnya

Jenis lumut seperti Marchantia stemanii Bischler, Marchantia geminate, Marchantia paleaceae adalah jenis-jenis lumut yang digunakan dalam pengobatan tradisional telah lama diterapkan di Cina, Eropa dan Amerika Utara.


tumbuhan lumut ada yang berumah satu artinya?

Berdasarkan jenis alat reproduksinya, tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu monecious berarti tumbuhan berumah satu, dan dioecious berarti tumbuhan berumah dua. Tumbuhan lumut ada yang berumah satu artinya jenis tumbuhan lumut tersebut memiliki dua jenis alat reproduksi dalam satu tumbuhan lumut itu, namun letaknya berbeda. Lumut itu memiliki alat reproduksi berupa anteredium dan arkegonium secara bersamaan dalam satu tubuh.


tumbuhan lumut yang sehari-hari tampak berwarna hijau merupakan generasi?

Dalam siklus atau daur hidupnya, tumbuhan lumut mengalami pergiliran keturunan (dikenal dengan sebutan metagenesis). dalam proses metagenesis, terdapat generasi gametofit dan generasi sporofit.

Tumbuhan lumut yang sehari-hari tampak dengan perawakan berwarna hijau adalah bagian dari generasi atau fase gametofit, yang mana pada fase ini tumbuhan lumut berperan dalam menghasilkan gamet. bentuk dalam generasi gametofit ini lebih sering kita jumpai karena lebih dominan dan mempunyai masa hidup yang lebih lama jika dibandingkan generasi sporofitnya.


tumbuhan lumut yang dapat menjadi pengganti kapas adalah?

salah satu jenis lumut yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan manusia adalah jenis lumut Sphagnum sp. Lumut jenis ini merupakan salah satu jenis anggota kelompok lumut daun yang hidupnya membentuk koloni datar di daerah rawa perairan tawar. Sphagnum sp. telah digunakan selama berabad-abad sebagai bahan pengganti kapas yang digunakan untuk membersihkan dan mencegah infeksi luka. Hal ini karena lumut jenis ini memiliki daya serap yang tinggi dan sifatnya asam, sehingga mampu untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan infeksi luka berlebih.


tumbuhan lumut disebut tumbuhan kosmopolit sebab?

Istilah tumbuhan kosmopolit ditujukan pada tumbuhan yang memiliki kemampuan tumbuh dalam sebaran yang luas karena memiliki kemampuan beradaptasi secara baik dengan segala kondisi lingkungan, bahkan dalam lingkungan yang ekstrim sekalipun.

tumbuhan lumut disebut sebagai tumbuhan kosmopolit sebab tumbuhan ini dapat dijumpai di berbagai tempat atau habitat, tumbuhan lumut paling umum tumbuh di daerah yang lembab, namun tumbuhan lumut ini juga dapat ditemui di daerah gurun. tumbuhan lumut juga dapat ditemukan menempel pada batu, pohon, dan bahkan membentuk lapisan lantai dasar hutan.


tumbuhan lumut disebut gametofit karena?

gametofit adalah bentuk kehidupan yang berfungsi melakukan reproduksi seksual atau generatif pada organisme yang mengalami pergiliran keturunan.

tumbuhan lumut disebut sebagai tumbuhan gametofit karena menghasilkan sel-sel gamet. tumbuhan yang menghasilkan sel kelamin (gametofit) umumnya memiliki kehidupan lebih menonjol daripada tumbuhan yang menghasilkan spora (sporofit). oleh karena itulah, pada tumbuhan lumut, generasi gametofit lebih menonjol dan umum kita temui pada kehidupan sehari-hari.


tumbuhan lumut yang berfungsi sebagai obat penyakit hepatitis adalah?

tumbuhan lumut yang dapat dijadikan sebagai obat penyakit hepatitis adalah jenis lumut Marchantia polymorpha yang merupakan jenis lumut hati. Marchantia polymorpha berpotensi sebagai antihiperglikemik, dimana lumut ini juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas. 

Belum ada Komentar untuk "10 Pertanyaan tentang Tumbuhan Lumut yang Sering Muncul beserta Jawabannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel