Kenali Masa Saat Manusia Mengalami Pertumbuhan Pesat - Rujukan Biologi

"Penulis: Andika (Gen Sukses Media, 2020)"
Pendahuluan
Setiap berjalannya waktu, manusia tidak akan terlepas dari sebuah perubahan proses dalam kehidupannya. Baik itu berupa perubahan proses pada bentuk fisik tubuhnya ataupun perubahan proses pada bentuk sikap dan perilakunya. Mulai dari sebelum kelahiran sampai di masa sekarang yang kita lalui ini, kita mengalami berbagai proses perubahan yang terjadi baik kita sadari ataupun tanpa kita sadari. Terlepas dari itu semua, banyak hal yang dapat kita pelajari termasuk diantaranya adalah bagaimana kita tumbuh dan berkembang hingga sekarang ini.
Sebagian dari kita pasti pernah bertanya, bagaimana tubuh kita mengalami pertumbuhan dan perkembangan?. Hal ini merupakan pertanyaan yang wajar, sebab manusia memang haus akan pengetahuan yang berhubungan dengan dirinya sendiri. Akan tetapi, pertanyaan ini sudah sangat umum ditanyakan, bahkan hanya dengan memikirkan secara acakpun kita sudah mampu menjawab pertanyaan tersebut dengan berbagai sudut pandang yang berbeda. Adapun untuk pertanyaan yang menarik disini yang banyak ditanyakan adalah kapan manusia mengalami pertumbuhan yang pesat?
kenali masa saat manusia mengalami pertumbuhan pesat
Gambar oleh skalekar1992 dari Pixabay
Kenapa Manusia Mengalami Pertumbuhan Pesat?
Pertanyaan ini pasti membayang-bayang dihadapan kita sebab terkadang ketika kita lama tidak berjumpa dengan seseorang yang pernah dekat dengan kita, ada hal yang cukup membingungkan saat kita mengetahui bahwa postur tubuh atau kondisi fisik yang dimiliki orang tersebut tampak jauh lebih besar atau tinggi dibandingkan di waktu dahulu. Padahal sebenarnya ini hanya berkaitan dengan waktu saja. Tetapi tetap saja ini membingungkan sebab mengapa pertumbuhan seseorang bisa secepat dan selaju itu.
Pertumbuhan yang terjadi pada seseorang memang sangat sulit untuk dirasakan jika kita memperhatikannya secara terus menerus. Tetapi berbeda halnya ketika kita tidak memperhatikan hal tersebut, maka tanpa kita sadari pertumbuhan akan berjalan cepat. Hal yang perlu diperhatikan disini adalah bagaimana pertumbuhan tersebut berjalan. Proses pertumbuhan yang terjadi pada seseorang akan berbeda dengan proses pertumbuhan yang terjadi pada orang lain. Proses pertumbuhan dipengaruhi oleh banyak faktor sehingga terkadang lambat dan terkadang cepat.
Pertumbuhan manusia ini terdiri dari berbagai tahapan masa atau waktu. Di tahapan-tahapan masa tersebut terdapat karakteristik yang menggambarkan bagaimana tubuh mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan. Manusia yang merespon baik tahapan tersebut tentu akan memiliki pertumbuhan yang lebih pesat dibandingkan manusia lainnya yang merespon tahapan tersebut dengan biasa saja. Oleh karena itu, banyak orang tua yang menginginkan anaknya mengalami pertumbuhan pesat akan memahami apa yang harus dilakukan dan diberikan pada anak tersebut di tahapan-tahapan pertumbuhannya.
Sesuai dengan bahasan, maka muncul pertanyaan seperti kapan manusia mengalami pertumbuhan pesat? Pada tahapan apa manusia mengalami pertumbuhan pesat tersebut?

Tahapan dan Masa Saat Manusia Mengalami Pertumbuhan Pesat
Menurut Bryan dalam Buku Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia, Berikut ini adalah tahapan pertumbuhan yang terjadi pada Manusia.

1.   Tahapan Jabang Bayi hingga Bayi
Selama bulan pertama kehidupannya, seorang anak akan dianggap sebagai jabang bayi. Hal yang utama dalam tahap ini adalah perilaku sebagian besar jabang bayi yang melibatkan refleks, terutama refleks berupa menyesap yang terjadi tanpa usaha sadar. Pada tahap ini, pertumbuhan juga sudah dianggap pesat, namun tidak sepesat tahap lain, sebab pertumbuhan bayi akan melambat pada sekitar umur tiga bulan. Fokusan pada tahap ini sebenarnya lebih pesat pada proses perkembangan karena bayi belajar banyak hal berupa respon berdasarkan yang mereka temui untuk pertama kalinya.
2.   Masa Kanak-Kanak
Masa kanak-kanak ini merupakan masa pesat untuk perkembangan psikologis (emosional) manusia karena pada tahap ini mereka mulai mengenal interaksi sosial dengan lawan bermain mereka. Pada tahap atau masa inipun manusia mulai mengenal dunia pendidikan dan bermain. Tahun-tahun sekolah awal adalah masa pertumbuhan fisik bagi manusia, tetapi lebih utama sebagai masa perkembangan sosial dan psikologi.
Di tahap atau masa ini juga, terdapat tahun-tahun praremaja dengan kisaran umur 8 hingga 12 tahun yang dijadikan sebagai masa pertumbuhan fisik yang cepat dan sering. disinilah tahap awal masa pubertas. 

3.   Masa Remaja
Jawaban dari kapan manusia mengalami pertumbuhan pesat adalah terdapat di masa remaja ini. Masa remaja dimulai saat pubertas, yaitu kisaran umur 11 sampai 14 tahun dengan kelangsungan selama kira-kira 6 hingga 10 tahun. Pada masa ini pertumbuhan terjadi sangat pesat sebab mekanisme tubuh mulai memproduksi beberapa hormon secara baik yang tentunya ini menyebabkan pertumbuhan dan perubahan dramatis. 
Pada masa remaja ini, lonjakan pertumbuhan dimulai dengan pertumbuhan lengan dan kaki serta kepala menjadi lebih panjang dan lebih lurus. Banyak remaja sangat memperhatikan perubahan yang terjadi pada dirinya. Di tahap ini terutama saat pubertas, tampak terjadi pertumbuhan dan perkembangan ciri kelamin sekunder.  Produksi hormon pertumbuhan dan perkembangan sangat pesat terjadi di masa remaja ini. 

Jadi sudah pahamkan mengenai kapan masa saat manusia mengalami pertumbuhan pesat. Semoga postingan artikel kali ini bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

Sumber Rujukan atau Referensi
Untuk rujukan pembahasan mengenai "kenali masa saat manusia mengalami pertumbuhan pesat" ini adalah sebagai berikut.
  1. Bryan, Kim., Natalie Goldstein, dan Richard Beatty. Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia. Bandung: Penerbit Pakar Raya.
  2. Aziza, Nadia Nur. 2017. Pertumbuhan dan Perkembangan dalam Psikologi Perkembangan. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Belum ada Komentar untuk "Kenali Masa Saat Manusia Mengalami Pertumbuhan Pesat - Rujukan Biologi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel