Rujukan Biologi mengenai Definisi Keanekaragaman Hayati

Rujukan biologi mengenai definisi keanekaragaman hayati 

Rujukan biologi mengenai definisi keanekaragaman hayati ini merupakan materi pembuka atau awal dalam memahami materi keanekaragaman hayati secara lebih mendalam. Fokusan pada materi kali ini adalah kalian diberikan beberapa gambaran mengenai apa itu keanekaragaman hayati sehingga kedepannya kalian tidak salah memahami tentang keanekaragaman hayati itu sendiri.

keanekaragaman hayati

Di beberapa rujukan baik itu dari buku paket ataupun artikel-artikel tulisan seseorang, memang pengertian keanekaramagan hayati ini cukup beragam dan luas, namun tetap dalam makna yang sama. Oleh karena itu di bawah ini nantinya akan diberikan beberapa pengertian-pengertian dari beberapa sumber, termasuk dari para ahli.

Keanekaragaman hayati dalam istilah atau penyebutan lainnya dikenal dengan "biodiversitas" atau "biological-diversity", pada dasarnya ini memberikan pemahaman tentang sejumlah variasi yang terdapat pada semua makhluk hidup, baik itu pada variasi gen, variasi jenisnya, dan bahkan variasi dari ekosistemnya. Hal ini berdasarkan pengertian umum dari keanekaragaman hayati oleh (Convention on Biological Diversity, 1993). 

Dimana menurut Convention on Biological Diversity (1993) bahwa pengertian keanekaragaman hayati yaitu "variabilitas di antara makhluk hidup dari berbagai sumber, termasuk dari interaksi ekosistem terestrial, pesisir, lautan dan ekosositem akuatik lain, serta kompleks ekologik tempat hidup makhluk hidup berada menjadi bagiannya. Hal ini juga meliputi keanekaragaman jenis, antar jenis dan ekosistem".

Pengertian Keanekaragaman Hayati Menurut Para Ahli

Berikut ini akan diberikan beberapa pengertian tentang keanekaragaman hayati menurut para ahli:

  1. Menurut Sudarsono, dkk., (2005) bahwa keanekaragaman hayati merupakan ketersediaan sumber daya hati baik itu berupa jenis (spesies) ataupun kekayaan berupa plasma nutfah (keanekaragaman genetic di dalam jenis (spesies)), kaenekaragaman antar jenis, dan keaenakaragaman ekosistem.
  2. Menurut Mardiastuti (1999) bahwa keanekaragaman hayati merupakan suatu kelimpahan dari berbagai jenis sumber daya alam hayati yang ada (mencakup tumbuhan dan hewan), yang terdapat di bagian muka bumi ini.

Pengertian Keanekaragaman Hayati Menurut Institusi

Berikut ini akan diberikan beberapa pengertian tentang keanekaragaman hayati dari beberapa institusi:
  1. Menurut Global Village Translation (2007) bahwa keanekaragaman hayati adalah semua bentuk kehidupan di atas bumi, baik itu tumbuhan, hewan, jamur, dan mikroorganisme lain, serta berbagai bentuk materi genetic yang dikandungnya dan juga keanekaragaman sistem ekologi di mana mereka hidup (ekosistem).
  2. Menurut Bappenas (2004) diketahui bahwa keanekaragaman hayati ini mencakup semua bentuk kehidupan yang ada di muka bumi, mulai dari makhluk hidup yang sederhana, misalnya monera (bakteri), protista, dan jamur hingga makul hidup yang mampu untuk berpikir seperti halnya manusia.
  3. Menurut Wilcox, bahwa keanekaragaman hayati merupakan segala bentuk kehidupan yang ada pada semua tingkatan sistem biologis, yang tersusun mulai dari molekul, organisme, spesies, populasi hingga ekosistem.

Pengertian Keanekaragaman Hayati Menurut Undang-Undang

Menurut Undang-Undang No. 5 Tahun 1994, diketahui bahwa keanekaragaman hayati ialah keanekaragaman yang terdapat di antara makhluk hidup dari berbagai sumber, termasuk diantaranya daratan, lautan, dan ekosistem perairan lainnya, serta komplek-komplek ekologi yang menjadi bagian dari keanekaragamannya, mencakup keanekaragaman hayati dalam spesies, antar spesies dengan ekosistem.

Pengertian Keanekaragaman Hayati Menurut Wikipedia 

Keanekaragaman hayati atau biodiversitas menurut wikipedia, adalah variasi atau variabilitas kehidupan yang ada di Bumi. Keanekaragaman hayati umumnya merupakan ukuran variasi pada tingkat genetik (gen), spesies (jenis), dan ekosistem.

Penutup

Oke sahabat gen, di atas merupakan beberapa pengertian dari beberapa sumber terkait dengan definisi keanekaragaman hayati yang dapat kalian jadikan rujukan dalam memahami tentang apa itu keanekaragaman hayati. Semoga Rujukan biologi mengenai definisi kaenakeragaman hayati ini dapat membantu kalian dan bermanfaat untuk pemahaman kita semua. Terima kasih dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

Belum ada Komentar untuk "Rujukan Biologi mengenai Definisi Keanekaragaman Hayati"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel