Rujukan Belajar IPA tentang Kunci Determinasi Makhluk Hidup Dilengkapi Video Pembelajaran

Rujukan Belajar IPA tentang Kunci Determinasi Makhluk Hidup Dilengkapi Video Pembelajaran

Hallo sahabat gen, Assalamualaikum warahmatullah wabarakatu. Gimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu menyenangkan ya, tetap semangat dan selalu jaga Kesehatan. Pada kesempatan yang berbahagia dan luar biasa ini, kita akan belajar Bersama bab 2 dengan pokok pembahasan Klasifikasi Makhluk Hidup dan kita sampai pada unit keempat yaitu tentang kunci determinasi makhluk hidup.

kunci determinasi, kunci dikotom, kunci makhluk hidup

PENDAHULUAN

Sahabat gen, Pernahkah kamu melihat seekor kuda di televisi atau di internet? Mengapa kamu langsung dapat menyebutkan bahwa hewan tersebut adalah kuda? Tentu karena kamu telah mengetahui ciri-ciri kuda sebelumnya bukan? Nah, contoh peristiwa tersebut menunjukkan bahwa kamu telah melakukan suatu proses yang namanya identifikasi dalam otak. Hal ini dapat terjadi karena sebelumnya kamu telah memiliki memori tentang ciri-ciri hewan kuda di dalam otak. Jadi ketika kamu melihat hewan kuda di televisi, kamu dapat langsung menyebutkan nama hewan tersebut secara tepat dan benar.

Tentu berbeda halnya jika kamu baru pertama kali melihat hewan yang kamu tidak pernah lihat dan kenal sebelumnya gen. Untuk mengidentifikasi makhluk hidup yang baru saja dikenal dan kita belum mengetahui hewan tersebut, kita memerlukan alat pembanding berupa gambar, spesimen atau awetan hewan dan tumbuhan, hewan atau tumbuhan yang sudah diketahui namanya, atau kunci identifikasi. Kunci identifikasi inilah yang disebut juga sebagai kunci determinasi yang akan kita pelajari saat ini.

Jika kalian lebih mudah memahami materi dengan cara menonton pembahasan materi, kalian dapat mengakses penjelasan materi kunci determinasi makhluk hidup berikut melalui video pembelajaran audio visual di bawah ini gen. Kalian juga dapat mengakses video pembelajaran lainnya yang berhubungan dengan materi kunci determinasi melalui channel youtube gen sukses media.

PENGERTIAN KUNCI DETERMINASI

Kita masuk pada pembahasan mengenai pengertian kunci determinasi gen. Kunci determinasi adalah daftar yang memuat sejumlah keterangan suatu makhluk hidup yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan kelompok makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya. Kunci determinasi paling sederhana yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu jenis atau kelompok makhluk hidup disebut kunci dikotom. Kunci dikotom adalah kunci determinasi yang terdiri atas dua keterangan yang berlawanan dari ciri-ciri yang dimiliki oleh suatu jenis atau kelompok makhluk hidup.

CONTOH PENERAPAN KUNCI DETERMINASI

Berikut ini contoh sederhana dari kunci dikotom sahabat gen, urutan nomor yang memuat dua daftar ciri makhluk hidup yang berlawanan ini akan dijawab ya dan tidak. Jadi ingat sekali lagi gen! bahwa Pada kunci determinasi sistem dikotomi, tiap nomor terdiri dari dua pertanyaan yaitu a dan b. Pertanyaan a dan b saling berlawanan.

contoh kunci determinasi, kunci dikotom

Mekanisme sederhananya Misal, Apabila kamu menjawab benar pada pertanyaan a, lanjutkan ke nomor pertanyaan berikutnya yang terdapat atau tertera pada pernyataan a yang ada di pojok pernyataan. Begitu juga apabila jawaban benar (ya) pada pertanyaan b, lanjutkan ke nomor pertanyaan berikutnya yang tertera pada pernyataan b. Jika kurang paham, ayo kita contohkan pada identifikasi hewan berikut ini gen.

Disini kita sudah membawa beberapa jenis hewan yang anggap saja kita tidak tahu Namanya, pertama kali kita temui dan akan kita identifikasi dengan menggunakan kunci determinasi berdasarkan kunci dikotom sederhana yang telah ada gen. disini kita ambil contoh akan mengidentifikasi hewan ini (sebut saja buaya). Hewan apakah ini? Mari kita identifikasi Bersama.

Perhatikan kunci dikotom sederhana yang telah dibuat berikut ini gen. Setelah kita mengamati dan mengidentifikasi hewan yang kita bawa, maka kita mulai menentukan kunci determinasinya mulai dari kunci pertama gen!

kunci determinasi buaya

Kita tahu bahwa hewan ini memiliki ruas-ruas tulang belakang, sebab bisa dilihat dari postur tubuhnya yang kuat, keras, serta jika dibedah kita akan melihat kerangka tulang belakangnya, maka kita pilih kunci 1b. Bila pilihannya 1b maka kita lanjut pada kunci 3 sesuai perintah di ujung pernyataan. Adapun kunci 2 nya ini kita abaikan saja.

Pada kunci 3 kita perhatikan lagi pernyataannya, apakah hewan yang kita bawa bergerak dengan sirip atau bergerak bukan dengan sirip, dan ternyata setelah kita mengidentifikasi hewannya, hewan tersebut tidak memiliki sirip sehingga kita memilih kunci 3b. Bila pilihannya 3b maka kita lanjut pada kunci 5 sesuai perintah di ujung pernyataan. Adapun pilihan 4 kita abaikan karena sudah tidak terpakai.

Pada kunci 5 kita perhatikan lagi pernyataannya, apakah hewan tersebut menyusui anaknya atau tidak menyusui anaknya. Ternyata setelah kita amati hewan tersebut tidak menyusui karena tidak ditemukan kelenjar susu seperti pada hewan mamalia. Oleh karena itu kita memilih kunci 5b. Dan lanjut pada petunjuk kunci berikutnya.

Pada kunci nomer 7, kita cek pernyataannya yang sesuai ciri-ciri hewan yang kita bawa. Ternyata hewan yang kita bawa adalah hewan yang tidak mengalami metamorphosis sehingga kunci yang kita pilih adalah 7b dan lanjut pada kunci berikutnya sesuai perintah.

Pada kunci ini kita sudah menentukan apakah hewannya buaya atau burung. Sesuai dengan ciri-ciri hewan yang kita amati ternyata hewan tersebut termasuk hewan yang tidak mengerami telur sehingga hewan tersebut adalah kelompok buaya.

MEMBUAT KUNCI DETERMINASI

Sebenarnya kamu bisa membuat kunci determinasi sederhana sendiri untuk kamu gunakan suatu saat ketika ingin mengidentifikasi suatu jenis makhluk hidup. namun dalam pembuat kunci determinasi tersebut tentu terdapat hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kunci determinasi, yaitu:

  1. Kunci harus dikotom (berlawanan), sehingga satu bagian dapat diterima, sedangkan yang lain ditolak
  2. Ciri yang dimasukkan mudah diamati
  3. Deskripsi karakter dengan istilah umum sehingga dapat dimengerti orang
  4. Menggunakan kalimat sesingkat mungkin
  5. Setiap kuplet diberi nomor
  6. Kata pertama dari setiap pernyataan dalam satu kuplet harus identik
  7. Hindari pemakaian kisaran yang tumpang tindih atau hal-hal yang bersifat relatif dalam kuplet

SYARAT MENGGUNAKAN KUNCI DETERMINASI

Sahabat gen, dalam menggunakan kunci determinasi yang lebih rumit, kamu harus memperhatikan beberapa hal saat melakukan identifikasi specimen tersebut misalnya saja saat mengidentifikasi tumbuhan langka yang baru saja ditemukan. Berikut ini adalah Saran-saran dalam penggunaan kunci determinasi yang perlu kamu perhatikan.

  1. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang ciri tumbuhan yang akan dideterminasi
  2. Pilih kunci yang sesuai dengan materi tumbuhan dan daerah geografi di mana tumbuhan tersebut diperoleh
  3. Baca pengantar kunci tersebut dan semua singkatan atau hal-hal lain yang lebih rinci
  4. Perhatikan pilihan yang ada secara hati-hati
  5. Hendaknya semua istilah yang ada dipahami artinya. Gunakan glossary atau kamus
  6. Bila spesimen tersebut tidak cocok dengan semua kunci dan semua pilihan layaknya tidak kena, mungkin terjadi kesalahan, ulangi ke belakang.
  7. Apabila kedua pilihannya mugkin, coba ikuti keduanya
  8. Konfirmasikan pilihan tersebut dengan membaca deskripsinya
  9. Spesimen yang berhasil dideterminasi sebaiknya diverifikasi dengan pembanding yang ada.

Demikian tadi sahabat gen mengenai pembelajaran kita pada Bab 2 tentang klasifikasi makhluk hidup dan unit 4 tentang kunci determinasi makhluk hidup, untuk memperkuat pengetahuanmu, kamu dapat mengulangi materi ini di waktu lain. Akhir kata terima kasih dan wassalamualaikum warahmatullah wabarakatu.

LANJUTAN MATERI

  1. Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup
  2. Ciri-ciri Makhluk Hidup
  3. Pengklasifikasian Makhluk Hidup
  4. Kunci Determinasi dan Kunci Dikotom
  5. Mengenal Bagian Mikroskop dan Fungsinya
  6. Langkah Menggunakan Mikroskop
  7. Sistem Klasifikasi 5 Kingdom

referensi: Widodo, Wahono. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam. Kemendikbud.

Belum ada Komentar untuk "Rujukan Belajar IPA tentang Kunci Determinasi Makhluk Hidup Dilengkapi Video Pembelajaran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel