Rujukan Belajar IPA tentang Mengenal Mikroskop, Bagian Mikroskop dan Fungsinya dilengkapi Video Pembelajaran

Rujukan Belajar IPA tentang Mengenal Mikroskop, Bagian Mikroskop dan Fungsinya Dilengkapi Video Pembelajaran

Hallo sahabat gen, Assalamualaikum warahmatullah wabarakatu. Gimana kabar harian kalian di bulan ini? Semoga selalu menyenangkan dan membahagiakan ya, tetap semangat dan selalu jaga Kesehatan. Pada kesempatan yang spesial ini, kita akan belajar Bersama bab 2 dengan pokok pembahasan Klasifikasi Makhluk Hidup dan kita sampai pada unit kelima yaitu Mengenal Mikroskop, Bagian Mikroskop dan Fungsinya.

mikroskop, bagian mikroskop, fungsi bagian mikroskop

Berikut ini adalah kompetensi dasar 3.2 pada bab 2 ini, yaitu kalian mampu untuk mengklasifikasikan mahkul hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati. Dengan tujuan pembelajaran yang perlu kalian capai, yaitu kalian mampu untuk menyebutkan pengertian dari mikroskop, dan menyebutkan bagian-bagian dari mikroskop beserta fungsinya. Baik sahabat gen, sebelum kita memulai pelajaran ini, jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu, semoga pembelajaran kali ini dilancarkan dan kita dimudahkan untuk menguasai materi yang akan dibahas. jika sudah, kita lanjut.

PENDAHULUAN

Tahukah kalian bahwa di bumi ini terdapat makhluk hidup yang berukuran sangat kecil? Persebaran tempat hidupnya di mana-mana, misalnya di dalam tanah, dalam air, dalam sisa-sisa makhluk hidup, dalam tubuh manusia, bahkan dalam sebutir debu. Salah satu contoh makhluk hidup berukuran kecil (mikroskopis) tersebut yang dapat kalian amati adalah bakteri Escherichia coli yang dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop.

Nah sahabat gen, Pada pengamatan makhluk hidup yang berukuran kecil, kalian tentu memerlukan alat bantu yang disebut mikroskop. Apa itu alat mikroskop? Bagaimana cara menggunakannya? Kita akan pelajari itu semua setelah ini!  Jadi ayo kita mulai pembelajaran kali ini dengan penuh semangat.

Kalian juga bisa menonton video pembelajaran mikroskop di bawah ini jika kalian lebih mudah untuk memahami materi dengan menonton audio visual materi ini gen. tentunya yang dibahas juga sesuai dengan apa yang dibahas secara tertulis di bawah ini. Selain itu, kalian juga bisa mengakses video pembelajaran lainnya yang ada di channel gen sukses media secara gratis.

PENGERTIAN MIKROSKOP

Pengertian mikroskop bisa dipahami sebagai alat optik yang berguna untuk alat bantu atau alat pertolongan dalam melihat atau mengamati benda-benda yang berukuran sangat kecil yang tentunya tidak mampu dilihat dengan hanya mata telanjang atau secara langsung.

Jadi, secara sederhana mikroskop dapat dipahami sebagai alat bantu untuk melihat benda-benda berukuran sangat kecil, atau mikro. dimana kata mikroskop sendiri berasal dari perpaduan bahasa latin yakni “mikro” yang artinya kecil dan kata “scopein” yang artinya melihat.

Benda-benda kecil tersebut dilihat dengan cara diperbesar ukuran bayangan benda tersebut melalui mikroskop hingga berkali-kali lipat dari ukuran sebenarnya. Dengan mikroskop, bayangan benda mampu diperbesar hingga perbesaran 40 kali, Perbesaran 100 kali, bahkan sampai perbesaran 1000 kali lipat. Perbesaran yang semakin tinggi ini dapat semakin meningkat lagi seiring dengan teknologi yang juga semakin berkembang.

SEJARAH MIKROSKOP

Sahabat gen, berikut ini adalah sejarah singkat dari awal mula diperkenalkannya mikroskop.

  • Pelopor pembuat mikroskop ialah Antonie Van Leuwenhoek. Pada saat itu, yaitu abad ke-17 Leuwenhoek membuat mikroskop satu lensa. Antonie Van Leuwenhoek membuat gambar-gambar yang dilihatnya di bawah mikroskop dan juga menemukan bakteri, meskipun pada saat itu, ia tidak tahu apa yang sebenarnya ia temukan.
  • Pada pertengahan abad ke-17 kemudian, Robert Hooke menggambarkan suatu objek gabus yang terlihat melalui mikroskop yang ia buat. Seperti halnya Leuwenhoek, Robert Hooke saat itu tak tahu apa yang sebenarnya yang ia lihat. 
  • Kemudian Mikroskop mengalami perkembangan dari abad ke abad. Pada tahun 1860 di temukan mikroskop binokuler, pada tahun 1880 ditemukan mikroskop multiokuler. Dan kemudian pada tahun 1933 di temukanlah mikroskop elektron yang dianggap lebih modern.

JENIS MIKROSKOP

Bentuk dan jenis mikroskop berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ada Mikroskop yang paling sederhana yaitu mikroskop cahaya, ada mikroskop stereo sampai ada yang modern seperti mikroskop elektron. Semakin modern, perbesaran yang dihasilkan semakin besar dan rinci. Berdasarkan pada kenampakan objek yang diamati, mikroskop dibagi dua jenis, yaitu mikroskop dua dimensi (mikroskop cahaya) dan mikroskop tiga dimensi (mikroskop stereo). Adapun Berdasarkan sumber cahayanya, mikroskop dibedakan menjadi mikroskop cahaya dan mikroskop electron.

BAGIAN MIKROSKOP

Setelah mengenal sedikit tentang mikroskop, selanjutnya kita akan mengenal bagian mikroskop sahabat gen. Setidaknya Ada 14 bagian mikroskop yang harus kamu ketahui fungsinya. keempatbelas bagian tersebut terbagi lagi menjadi 2 bagian penting, yaitu bagian optik dan bagian mekanik. Mari kita bahas satu-persatu bagian tersebut secara singkat gen.

bagian mikroskop, fungsi bagian mikroskop

BAGIAN OPTIK

Bagian mikroskop yang termasuk ke bagian optik adalah lensa okuler, lensa obyektif, diafragma, dan cermin. penjelasan dari bagian optik tersebut adalah sebagai berikut.

  • Pertama, lensa okuler merupakan Lensa yang berhubungan langsung dengan mata pengintai atau pengamat yang berfungsi untuk memperbesar bayangan objek. Lensa okuler bisa diganti-ganti dengan perbesar yang berbeda-beda. Umumnya lensa okuler yang digunakan adalah perbesaran 5x, 10x, dan 15x.
  • Kedua, yaitu lensa objektif. Sesuai dengan Namanya, lensa objektif merupakan Lensa yang berada di dekat objek atau benda berfungsi untuk memperbesar bayangan benda. Susunan lensa biasanya terdiri atas 3 atau 4 buah dengan perbesaran masing-masing 4 x, 10 x, 45 x, dan 100 x
  • Ketiga, ada diafragma. Diafragma adalah bagian mikroskop yang berfungsi Untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk ke lensa objektif.
  • Dan keempat, ada cermin. Cermin berfungsi untuk mengarahkan cahaya pada objek dengan cara memantulkan sumber cahaya menuju kondensor.

BAGIAN MEKANIK

Setelah membahas mengenai bagian optiknya, sekarang kita akan membahas mengenai bagian mekanik dari mikroskop gen. Bagian mekanik mikroskop ini terdiri dari tabung mikroskop (tubus), meja preparate (meja sediaan), Penjepit objek (klip), Revolver (dudukan lensa), lengan mikroskop, Mikrometer (pemutar halus), Makrometer (pemutar kasar), kondensor, Sekrup (sendi inklinasi) dan kaki mikroskop. Kita akan mengenal bagian ini satu persatu dengan penjelasan sebagai berikut gen.

  • Pertama, tabung mikroskop atau istilah lainnya adalah tubus. Merupakan Bagian mikroskop yang berfungsi untuk menghubungkan lensa okuler dan lensa objektif
  • Kedua, yaitu meja preparat atau istilah lainnya disebut juga meja sediaan. Merupakan bagian mikroskop yang berfungsi sebagai tempat meletakkan objek, sediaan atau preparat yang diamati. Bagian tengah meja terdapat lubang untuk melewatkan sinar.
  • Ketiga, ada bagian penjepit atau klip, merupakan bagian mikroskop yang digunakan Untuk menjepit preparat agar kedudukannya tidak bergeser ketika sedang diamati
  • Keempat, yaitu bagian revolver, merupakan bagian mikroskop yang berfungsi sebagai tuas penyangga atau dudukan lensa objektif agar dapat mempermudah pengaturan perbesaran pengamatan dari lensa tersebut
  • Kelima, ada bagian yaitu lengan mikroskop, merupakan bagian dari mikroskop yang digunakan Untuk pegangan pada saat memindahkan atau membawa mikroskop.
  • Keenam, dekat dengan lengan mikroskop terdapat bagian mikrometer atau sekrup pemutar halus yang gunanya untuk menggerakkan (menjauhkan atau mendekatkan) tabung mikroskop terhadap preparat secara pelan atau halus.
  • Ketujuh, disebelah bagian mikrometer terdapat bagian makrometer atau sekrup pemutar kasar yang gunanya Untuk menggerakkan tubus atau tabung mikroskop ke atas dan ke bawah secara cepat.
  • Bagian mekanik kedelapan, yaitu bagian kondensor. Bagian ini digunakan untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan cermin dengan mekanisme kerjanya yaitu dipusatkan pada objek dengan cara penggunaan diputar ke kanan, kiri, naik, atau turun.
  • Bagian kesembilan terdapat dibagian bawah, yaitu sekrup atau sendi inklinasi, merupakan bagian dari mikroskop yang berfungsi untuk mengatur sudut tegaknya mikroskop.
  • Dan bagian terakhir yang perlu kalian ketahui fungsinya adalah bagian kaki mikroskop yang berfungsi untuk menyangga atau menopang mikroskop agar kokoh berdiri.

PENUTUP

Baik sahabat gen, itu tadi keempatbelas bagian-bagian dari mikroskop yang  sudah kalian pelajari fungsinya. Setelah kalian mengetahui fungsi dari masing-masing bagian tersebut, harapannya di pertemuan berikutnya kalian sudah bisa mengoperasikan atau menggunakan mikroskop ini, tapi tenang kita akan terlebih dahulu mempelajari bagaimana langkah-langkah dalam menggunakan mikroskop ini dipertemuan berikutnya.

Demikian tadi sahabat gen mengenai pembelajaran kita pada Bab 2 tentang klasifikasi dan unit 5 tentang mengenal mikroskop, bagian mikroskop dan fungsinya, untuk memperkuat pengetahuanmu, kamu dapat mengulangi materi ini di waktu lain. Akhir kata terima kasih dan wassalamualaikum warahmatullah wabarakatu.

Belum ada Komentar untuk "Rujukan Belajar IPA tentang Mengenal Mikroskop, Bagian Mikroskop dan Fungsinya dilengkapi Video Pembelajaran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel