Rujukan Belajar IPA tentang Ciri-Ciri Makhluk Hidup Lengkap dengan Video Pembelajaran

Rujukan Belajar IPA tentang Ciri-Ciri Makhluk Hidup Lengkap dengan Video Pembelajaran

Hallo sahabat gen, Assalamualaikum warahmatullah wabarakatu. Gimana kabar harian kalian saat ini? Semoga selalu menyenangkan ya, tetap semangat dan selalu jaga Kesehatan. Pada kesempatan yang berbahagia ini, kita akan belajar Bersama bab 2 dengan pokok pembahasan Klasifikasi Makhluk Hidup dan kita sampai pada unit kedua yaitu Mengenal Ciri-ciri makhluk hidup.

ciri-ciri makhluk hidup, karakteristik makhluk hidup,

Berikut ini merupakan kompetensi dasar 3.2 pada Bab 2 yang kita pelajari saat ini, yaitu kalian mampu untuk mengklasifikasikan mahkul hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati. Baik sahabat gen, sebelum kita memulai pelajaran ini, jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu, semoga pembelajaran kali ini dilancarkan dan kita dimudahkan untuk menguasai materi yang akan dibahas. jika sudah, kita lanjut.

Jika kalian tidak berminat untuk membaca materi yang cukup panjang ini, kalian dapat mengakses video pembelajaran di bawah ini gen untuk menonton materi ciri-ciri makhluk hidup secara lengkap melalui audio visual yang menarik. Kalian dapat menontonnya secara gratis dengan mengklik video di bawah ini. Kalian juga bisa mengakses video-video lainnya seputar materi ciri-ciri makhluk hidup melalui channel gen sukses media di youtube. Berikut ini merupakan video pembelajaran nya gen.

PENDAHULUAN

Pada unit atau materi sebelumnya pada postingan Rujukan Belajar IPA tentang Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup, telah dibahas bahwa yang membedakan makhluk hidup dan benda tak hidup adalah pada karakteristik atau ciri-ciri yang membedakan dua kelompok ini. Pada unit ini akan dibahas secara detail tentang ciri-ciri makhluk hidup yaitu sebagai berikut.

Ciri Makhluk Hidup Pertama adalah Bergerak

Bergerak merupakan perubahan posisi baik sebagian atau seluruh tubuh dari makhluk hidup. Contoh gerak sebagian tubuh pada hewan dan manusia yaitu seperti gerakan mata, gerakan telinga, dan gerakan jari jemari. Sedangkan contoh Gerakan seluruh tubuh pada hewan dan manusia misalnya gerakan berjalan, berlari, dan memanjat. 

Hewan dan manusia dapat bergerak karena adanya dukungan berupa sistem gerak dalam tubuh, yaitu ada tulang, sendi, dan otot. sedangkan makhluk hidup seperti Tumbuhan, mereka hanya bisa melakukan gerak sebagian tubuhnya saja, misalnya seperti gerak menutupnya daun putri malu bila disentuh, dan gerak ujung batang menuju sinar matahari.

Ciri Makhluk Hidup Kedua adalah Memerlukan Nutrisi dari Makan dan Minum

Makhluk hidup memerlukan makanan dan minuman untuk memeroleh tenaga, untuk proses pertumbuhan, dan untuk mempertahankan hidup. Cara memeroleh makanan setiap makhluk hidup tentu berbeda-beda. Misalnya saja Tumbuhan yang dapat membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Sedangkan makhluk hidup seperti, manusia dan hewan tidak bisa membuat makanan sendiri, sehingga kehidupannya bergantung pada makhluk hidup lainnya.

Ciri Makhluk Hidup Ketiga adalah Bernapas

Bernapas adalah proses pengambilan oksigen (O2), yang mana oksigen ini digunakan makhluk hidup untuk mengoksidasi makanan menghasilkan tenaga atau energi. Proses oksidasi makanan ini juga  menghasilkan zat sisa berupa karbondioksida (CO2) dan uap air. Makhluk hidup seperti Manusia dan beberapa hewan di darat seperti kucing, ayam dan lain-lainnya melakukan mekanisme bernapas menggunakan paru-paru. Ikan bernapas dengan alat pernafasan berupa insang, adapun kelompok tumbuhan dapat bernapas dengan stomata pada daun, lentisel pada batang, dan bulu-bulu akar pada akar.

Ciri Makhluk Hidup Keempat adalah Tumbuh dan Berkembang

Pertambahan tinggi atau panjang organ tubuh atau tubuh manusia, hewan atau tumbuhan merupakan proses tumbuh. Adapun, proses menuju kedewasaan pada manusia merupakan proses berkembang. Proses berkembang pada hewan misal hewan kucing atau anjing yang semakin pintar.  sedangkan pada makhluk hidup seperti tumbuhan proses berkembang dapat diamati berupa munculnya bunga, buah, atau biji.

Ciri Makhluk Hidup Kelima adalah Peka Terhadap Rangsangan

Peka terhadap rangsang merupakan suatu kemampuan spesial dari makhluk hidup untuk memberikan tanggapan atau respon terhadap rangsangan yang mengenainya. Misalnya contoh yang mudah untuk diamati pada tumbuhan adalah pada tumbuhan putri malu yang akan menguncup daunnya bila terkena sentuhan, ini berarti adanya rangsang sentuhan menyebabkan terjadinya tanggapan daun menguncup. Sedangkan pengamatan pada lainnya, juga dapat dilihat seperti pada manusia yang peka terhadap rangsangan dapat berupa ketika mencium bau yang menyengat yang mana manusia akan segera menutup hidung.

Ciri Makhluk Hidup Keenam adalah Berkembang Biak

Makhluk hidup berkembang biak tentu memiliki tujuan yaitu berupa untuk melestarikan jenisnya agar tidak mengalamim kepunahan. Pada manusia seorang anak dilalhirkan dari ayah dan ibunya, pada hewan dilahirkan dari kedua induknya. Cara berkembang biak ada dua macam yaitu sebagai berikut.

  1. Secara kawin (generatif), yaitu perkembang biakan melalui pertemuan antara sel telur dengan sel sperma. Contoh: pada tumbuhan dengan biji, pada ayam dengan telur, dan hewan menyusui dengan anak. 
  2. Secara tak kawin (vegetatif), yaitu perkembang biakan menggunakan bagian tubuh, misal menggunakan daun pada tanaman cocor bebek, menggunakan stek batang pada tanaman singkong, dan menggunakan tunas pada tanaman pisang.

Ciri Makhluk Hidup Ketujuh adalah Menyesuaikan Diri terhadap Lingkungan

Menyesuaikan diri terhadap lingkungan adalah merupakan salah satu upaya ata bentuk dalam mempertahankan diri dari segenap perubahan lingkungan. Contoh dari sekian banyak metode adaptasi dari makhluk hidup yang dapat kita amati adalah pada tanaman jati yang akan menggugurkan daunnya pada musim kemarau, agar bisa bertahan hidup.

Ciri Makhluk Hidup Kedelapan adalah Ekskresi

Eksresi adalah sistem pengeluaran sisa metabolisme tubuh, yang apabila sisa metabolisme tersebut tidak dikeluarkan akan dapat membahayakan tubuh. Contoh ekskresi manusia dan hewan adalah mengeluarkan zat sisa hasil metabolism tubuh berupa feses atau kotoran.

Ciri Makhluk Hidup Kesembilan adalah Regulasi

Regulasi adalah sistem pengaturan proses metabolime dalam tubuh yang diatur oleh syaraf dan hormon. Sebagai contoh untuk mengatur kelebihan glukosa dalam darah diatur oleh hormon insulin. Kelebihan glukosa dalam darah diubah oleh insulin menjadi glikogen, jika tubuh memerlukan glukosa untuk memeroleh tenaga maka glikogen ini akan diubah lagi menjadi glukosa.

PENUTUP

Demikian tadi sahabat gen mengenai pembelajaran kita pada Bab 2 tentang klasifikasi dan unit 2 tentang ciri-ciri makhluk hidup, untuk memperkuat pengetahuanmu, kamu dapat mengulangi materi ini di waktu lain. Akhir kata terima kasih dan wassalamualaikum warahmatullah wabarakatu.

LANJUTAN MATERI

  1. Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup
  2. Ciri-ciri Makhluk Hidup
  3. Pengklasifikasian Makhluk Hidup
  4. Kunci Determinasi dan Kunci Dikotom
  5. Mengenal Bagian Mikroskop dan Fungsinya
  6. Langkah Menggunakan Mikroskop
  7. Sistem Klasifikasi 5 Kingdom

referensi: Widodo, Wahono. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam. Kemendikbud.

Belum ada Komentar untuk "Rujukan Belajar IPA tentang Ciri-Ciri Makhluk Hidup Lengkap dengan Video Pembelajaran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel