Rujukan Belajar IPA tentang Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup

Rujukan Belajar IPA tentang Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup

Hallo sahabat gen, Assalamualaikum warahmatullah wabarakatu. Gimana kabar harian kalian? Semoga selalu menyenangkan ya, tetap semangat dan selalu jaga Kesehatan. Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar Bersama bab 2 dengan pokok pembahasan Klasifikasi Makhluk Hidup dan kita mulai dari unit pertama yaitu Mengenal Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup.

rujukan belajar ipa, makhluk hidup, benda tak hidup,

Berikut ini adalah kompetensi dasar 3.2 pada Bab 2 ini, yaitu kalian mampu untuk mengklasifikasikan mahkul hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati. Baik sahabat gen, sebelum kita memulai pelajaran ini, jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu, semoga pembelajaran kali ini dilancarkan dan kita dimudahkan untuk menguasai materi yang akan dibahas. jika sudah, kita lanjut.

Jika kalian kurang minat untuk membaca materi ini gen, kalian juga bisa mengakses dan menonton video pembelajaran makhluk hidup dan benda tak hidup yang sudah gen sukses sediakan di bawah ini secara gratis. akses juga video pembelajaran lainnya yang berhubungan dengan materi ini melalui channel gen sukses media di youtube.

PENDAHULUAN

Alam lingkungan sekitar kita terdiri dari tiga bagian utama yaitu mencakup tanah, air, dan udara. Dalam tiga bagian tersebut terdapat makhluk atau benda-benda yang sangat beragam karakteristik corak dan jenisnya.  Ada yang hidup namun ada juga yang tak hidup atau mati. Misalnya dari lingkungan sekitar yang dapat kita temukan tentunya ada manusia, kemudian beberapa jenis hewan seperti ayam, kucing, kadal, cicak, cacing dalam tanah, ikan dalam air, serta burung-burung yang terbang bebas di udara. Ini termasuk makhluk hidup. Namun, tidak sampai disitu, Ada juga benda-benda yang mati dapat kita temui seperti batu, tanah, air sungai, air laut, debu, angin, sampah, dan rumah kita, inilah yang kemudian dapat kita sebut sebagai benda tak hidup.

Dari sini muncul pertanyaan sederhana, Mengapa ada yang dikelompokkan ke dalam makhluk hidup tetapi ada juga yang termasuk kelompok benda tak hidup? Apakah yang menjadi dasar pembedaan dari kedua kelompok ini? Apakah yang paling mudah untuk diamati dan dijadikan sebagai dasar dalam pembedaan kedua kelompok ini?

Hal yang paling mudah untuk kita amati adalah karakteristik atau ciri-cirinya. Sebagai salah satu ciri misalnya yang akan kita bandingkan, manusia dan hewan bisa berkembangbiak memperbanyak diri, akan tetapi benda seperti batu dan tanah tidak bisa berkembangbiak, maka dari itulah kemudian berdasarkan ciri ini, manusia dan hewan termasuk makhluk hidup, sedangkan batu dan tanah tadi termasuk benda tak hidup. Ini baru satu ciri berkembang biak gen, pada kenyataannya masih ada lagi beberapa ciri yang mendasari pengelompokan makhluk hidup dan benda tak hidup tersebut.

PERBEDAAN DEFINISI MAKHLUK HIDUP DAN BENDA TAK HIDUP

Makhluk hidup merupakan subtansi yang menjalankan proses kehidupan. kehidupan disini jelas berupa kegiatan seperti bernafas, tumbuh dan berkembang, bergerak, iritabilitas atau peka terhadap rangsangan, memerlukan makan dan minum, ekskresi, dan mampu untuk bereproduksi atau berkembang biak. dari yang disebutkan barusan, proses kehidupan tersebut menjadi karakteristik atau ciri suatu makhluk dikatakan sebagai makhluk hidup.

Adapun benda tak hidup merupakan subtansi yang tidak menjalankan proses kehidupan seperti yang dilakukan oleh makhluk hidup. Kalau makhluk hidup memiliki karakteristik atau ciri tertentu, maka benda tak hidup juga memiliki karakteristik atau ciri tertentu pula. Ciri-ciri benda tak hidup yang dimaksud diantaranya yaitu:

  1. tidak ada tanggapan terhadap rangsangan
  2. tidak dapat bergerak dengan sendirinya, kecuali ada kekuatan atau energi yang mampu menggerak benda tersebut.
  3. tidak makan dan minum.
  4. tidak dapat mempertahankan keturunannya atau tidak mampu bereproduksi dengan sendirinya.

dengan memahami sekilas ciri-ciri makhluk hidup dan benda tak hidup, tentu secara mudah kita mampu membedakan antara makhluk hidup dan benda tak hidup tersebut.

PERBEDAAN KARAKTERISTIK MAKHLUK HIDUP DAN BENDA TAK HIDUP

Setelah kita mengetahui tentang definisi atau pengertian dari makhluk hidup dan benda tak hidup, selanjutnya kita akan coba mengetahui tentang perbedaan karakteristik dari kedua kelompok ini. Berikut ini adalah perbedaan antara makhluk hidup dan benda tak hidup.

  1. makhluk hidup dapat menunjukkan kehidupan, sementara benda tak hidup tidak bisa.
  2. makhluk hidup bisa bergerak sementara benda tak hidup tidak bisa kecuali jika mereka digerakkan oleh kekuatan lain baik berasal dari benda itu sendiri atau dari benda lain.
  3. makhluk hidup memiliki kapasitas untuk bereproduksi sendiri, sementara benda tak hidup mereka tidak bisa kecuali diproduksi oleh makhluk hidup, misalnya suku cadang mobil yang dibuat atau diproduksi oleh manusia.
  4. makhluk hidup cepat atau lambat akan mati, sementara benda tak hidup tidak memiliki kapasitas untuk hidup atau mati.

ASAL-USUL BENDA TAK HIDUP

Jika dikaji lagi, ternyata benda tak hidup dapat dibedakan berdasarkan asal-usul terbentuknya benda tersebut, yaitu sebagai berikut.
  1. benda tak hidup yang tidak pernah berasal dari bagian makhluk hidup. contohnya adalah batu. batu dapat terbentuk dari endapan magma cair letusan gunung berapi, dan dapat berasal dari endapan sedimen dari tekanan bahan tertentu. Dan bukan berasal dari bagian makhluk hidup.
  2. benda tak hidup yang berasal dari makhluk hidup atau pernah menjadi bagian dari makhluk hidup. contohnya adalah batu bara, kertas, dan selai. kita tahu sendiri bahwa kertas adalah benda tak hidup yang berasal dari bahan baku berupa kayu dari pohon.

PENUTUP

Demikian tadi sahabat gen mengenai pembelajaran kita pada Bab 2 Unit 1 rujukan belajar ipa tentang makhluk hidup dan benda tak hidup , untuk memperkuat pengetahuanmu, kamu dapat mengulangi materi ini di waktu lain. Akhir kata terima kasih dan wassalamualaikum warahmatullah wabarakatu.

LANJUTAN MATERI

  1. Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup
  2. Ciri-ciri Makhluk Hidup
  3. Pengklasifikasian Makhluk Hidup
  4. Kunci Determinasi dan Kunci Dikotom
  5. Mengenal Bagian Mikroskop dan Fungsinya
  6. Langkah Menggunakan Mikroskop
  7. Sistem Klasifikasi 5 Kingdom

referensi: Widodo, Wahono. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam. Kemendikbud.

Belum ada Komentar untuk "Rujukan Belajar IPA tentang Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel