Rujukan Belajar IPA tentang Langkah dan Cara Menggunakan Mikroskop Dilengkapi Video Pembelajaran

Rujukan Belajar IPA tentang Langkah dan Cara Menggunakan Mikroskop Dilengkapi Video Pembelajaran

Hallo sahabat gen, Assalamualaikum warahmatullah wabarakatu. Gimana kabar harian kalian di bulan ini? Semoga selalu menyenangkan dan membahagiakan ya, tetap semangat dan selalu jaga Kesehatan. Pada kesempatan yang spesial ini, kita akan belajar Bersama bab 2 dengan pokok pembahasan Klasifikasi Makhluk Hidup dan kita sampai pada unit keenam yaitu tentang langkah menggunakan mikroskop atau cara menggunakan mikroskop.

langkah menggunakan mikroskop, cara menggunakan mikroskop

Kalian masih berada di kompetensi dasar 3.2 pada Bab 2 ini, dengan tujuan pembelajaran yang perlu dicapai saat ini, yaitu kalian mampu untuk menyebutkan langkah-langkah menggunakan mikroskop secara tepat. Baik sahabat gen, sebelum kita memulai pelajaran ini, jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu, semoga pembelajaran kali ini dilancarkan dan kita dimudahkan untuk menguasai materi yang akan dibahas. jika sudah, kita lanjut.

PENDAHULUAN

Setelah kalian mempelajari fungsi bagian mikroskop pada video sebelumnya, selanjutnya kita akan mengenal langkah-langkah menggunakan mikroskop atau cara menggunakan mikroskop yang baik dan benar. setidaknya ada 3 bagian langkah penting dalam menggunakan mikroskop, yaitu: pengaturan mikroskop, preparat mikroskop, dan memfokuskan mikroskop. Kita akan membahas masing-masing langkah dalam ketiga bagian langkah penting ini, jadi ayo simak materi kali ini dengan penuh semangat.

Jika kalian lebih mudah memahami materi dengan cara menonton video pembelajaran audio visual, kalian dapat mengakses video pembelajaran langkah dan cara menggunakan mikroskop yang telah dibuat di bawah ini gen. kalian dapat mengakses video pembelajaran tersebut secara gratis, dan kalian juga dapat mengakses video pembelajaran lainnya melalui channel youtube gen sukses media.

LANGKAH MENGGUNAKAN MIKROSKOP

Pada bagian langkah penting yang pertama yaitu pengaturan mikroskop, terdapat langkah-langkah yang perlu dilakukan, diantaranya.

  1. Mempersiapkan meja untuk meletakkan mikroskop dengan cara membersihkan permukaan yang datar dari meja tersebut dari debu-debu atau kotoran yang berpotensi dapat merusak mikroskop yang akan dipakai. Bersihkan area sekitar permukaan mikroskop dengan cairan pembersih permukaan dan lap tanpa serat, jika perlu. Pastikan bahwa meja yang kamu gunakan terletak di dekat stop kontak.
  2. Saat mengambil atau mengangkat mikroskop, peganglah mikroskop pada bagian kaki dan lengan mikroskop dengan kokoh. Jangan mengangkatnya hanya dengan memegang lengan mikroskop saja.
  3. Letakkan mikroskop di atas meja yang telah disiapkan tadi. Pasanglah mikroskop ke stop kontak jika mikroskop yang digunakan adalah mikroskop cahaya yang bersumber dari tenaga listrik.
  4. Untuk memulai, pastikan bahwa mikroskop yang kita gunakan masih menggunakan kekuatan perbesaran yang paling rendah karena akan lebih mudah untuk memfokuskan preparat yang akan kamu amati.
  5. Jangan lupa untuk meletakkan buku instruksi manual mikroskop di dekatmu. Bacalah dengan saksama jika kamu ingin melihat instruksi tentang cara menggunakan model mikroskop yang digunakan.

Setelah melewati bagian langkah penting pertama, selanjutnya kita masuk bagian langkah penting kedua, yaitu mengenai preparat mikroskop yang terdiri atas beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Jangan lupa untuk mencuci tangan jika belum mencucinya, kemudian keringkan dari sisa air cucian tangan.
  2. Siapkan kain tanpa serat di dekatmu, yang dapat digunakan untuk membersihkan preparat saat digunakan nantinya.
  3. Untuk memulai berlatih, kamu dapat mengunakan preparat yang sudah jadi. preparat tersebut dapat kamu temui atau beli di toko-toko yang menjual alat-alat laboratorium atau menggunakan beberapa preparat bawaan mikroskop.
  4. Letakkan preparat di meja objek mikroskop secara perlahan. Sentuhlah hanya pada bagian ujungnya sehingga kamu tidak meninggalkan sidik jari pada preparat yang sudah dibersihkan sebelumnya.
  5. Jepitlah preparat dengan 2 penjepit yang ada di meja objek dengan cara mengaturnya secara perlahan. Penjepit-penjepit logam atau plastik ini menjaga preparat pada tempatnya sehingga kamu dapat memindahkan tanganmu untuk memfokuskan mikroskop.
  6. Jangan lupa untuk menyalakan mikroskop yang kamu gunakan jika termasuk mikroskop cahaya listrik. Bagian tengah dari preparatmu seharusnya tersinari dengan cahaya kecil berbentuk lingkaran di atasnya.
Setelah kalian melewatkan bagian penting kedua, selanjutnya kita akan menjalankan langkah-langkah pada bagian ketiga yaitu memfokuskan mikroskop.
  1. Pertama yang perlu kalian lakukan pada bagian ini adalah mengatur lensa okuler mikroskop jika terdapat dua lensa. Putarlah tabung lensa okuler untuk mencari jarak yang tepat dan nyaman antara kedua mata kalian, atau jarak pupil mata kalian. Lepaskan kacamata jika kamu memakai kacamata karena akan dapat mengganggu pandangan. kamu dapat menggunakan pengaturan mikroskop untuk memfokuskan benda sesuai dengan penglihatanmu saat pertama kali menggunakannya.
  2. Kedua, Mulailah memfokuskan lensa objektif dengan kekuatan terendah dahulu. Kamu mungkin memiliki 2 atau 3 lensa objektif berbeda yang dapat diputar dan diubah-ubah untuk memperbesar objek. Tapi sebaiknya mulai dari perbesaran 4x dan meningkatkan perbesarannya hingga objek terfokus saat pengamatan. Lensa objektif dengan kekuatan rendah memberikan pandangan yang luas pada saat pengamatan, dan memungkinkan untuk perlahan-lahan memfokuskan objek tanpa kehilangan pandangan akan objek tersebut. Perlu diperhatikan gen jika kalian memulai dari lensa objektif dengan kekuatan tinggi itu bisa membuat kalian tidak dapat melihat objek atau membuatmu tidak dapat melihat keseluruhan objek.
  3. Ketiga, coba untuk memfokuskan objek dengan menggunakan pemutar kasar (makrometer) yang lebih besar. Pemutar ini adalah pemutar yang lebih besar dari 2 pemutar yang berada di sisi mikroskop.
  4. Keempat, Geserlah preparat untuk meletakkannya di tengah meja objek, jika diperlukan. Ingatlah bahwa perbesaran menggunakan pencerminan, sehingga kamu harus paham mekanismenya dengan cara memindahkan preparat ke arah yang berlawanan pada meja objek untuk mengaturnya dengan baik sehingga tepat pada arah lensa objektif di penglihatan.
  5. Kelima, sambil mengamati, coba gunakan pemutar halus (mikrometer) untuk lebih memfokuskan pengamatan objek atau preparat.
  6. Keenam, Aturlah diafragma yang berada di bawah meja objek. kamu dapat mengatur banyaknya cahaya yang terfokus pada preparat. hal ini terkadang dilakukan untuk Mengurangi cahaya agar mungkin kita dapat membuat objek terlihat lebih jelas dan tidak pucat
  7. Ketujuh, Ubahlah ke lensa objektif dengan kekuatan tinggi hanya jika kamu tidak dapat memfokuskan benda dengan cakupan lensa objektif dengan kekuatan rendah. Tidak semua lensa dengan kekuatan tinggi digunakan untuk semua preparat karena beberapa lensa tidak dapat terfokus terlalu dekat pada objek tertentu. Hanya gunakan pemutar halus saat menggunakan lensa objektif dengan kekuatan tinggi, seperti pilihan lensa 100x. Jika kamu menggunakan Pemutar kasar ditakutkan dapat memecah preparatnya dan merusak lensa objektif jika tertekan atau bersentuhan terlalu keras. Ditahap ini kamu bisa belajar mengamati objek dengan perbesaran yang berbeda-beda.
  8. kedelapan, Kendurkan pemutar kasar (makrometer) saat kamu sudah selesai melakukan pengamatan. Ulangi proses pengamatan dengan preparat yang baru untuk mendapatkan latihan yang diperlukan sehingga kedepannya kamu dapat dengan cepat melakukan pengamatan pada objek lainnya.
  9. terakhir, Simpanlah mikroskop di dalam pelindung debu dapat menggunakan lemari atau plastik khusus sehingga meja objek dan lensanya tetap bersih. Bersihkan lensanya hanya dengan larutan yang dianjurkan dan kain tanpa serat.

PENUTUP

Demikian tadi sahabat gen mengenai pembelajaran kita pada Bab 2 tentang klasifikasi dan unit 6 tentang Langkah dan Cara Menggunakan Mikroskop, untuk memperkuat pengetahuanmu, kamu dapat mengulangi materi ini di waktu lain. Akhir kata terima kasih dan wassalamualaikum warahmatullah wabarakatu.
referensi: Widodo, Wahono. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam. Kemendikbud dan id.wikihow.com mengenai cara menggunakan mikroskop.

Belum ada Komentar untuk "Rujukan Belajar IPA tentang Langkah dan Cara Menggunakan Mikroskop Dilengkapi Video Pembelajaran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel